Jejaring Sosial Berdampak Negatif Bagi Remaja?

Tuesday 30 August 2011

0 comments
Sebuah penelitian di AS menunjukkan bahwa remaja yang aktif menggunakan jejaring sosial seperti facebook dan menonton acara TV "Sufesttif" bisa menyebabkan para remaja tersebut aktif menggunakan ganja, alkoholik dan perokok.
Sebagaimanaa dilansir dari Everydayhealth, survei ini melibatkan lebih dari 1.000 pemuda dari seluruh bangsa berusia 12 sampai 17 dan sekitar setengah dari orang tua mereka. Pada hari-hari biasa, sekitar 70 persen remaja mengatakan mereka menggunakan situs jaringan sosial.
Pengguna jaringan sosial lima kali lebih mungkin untuk menggunakan tembakau (10 persen versus 2 persen yang jarang menggunakan jejaring sosoal), tiga kali lebih mungkin untuk menggunakan alkohol (26 persen versus 9 persen) dan dua kali lebih mungkin mengakui menggunakan ganja (13 persen versus 7 persen ).
"Hasil ini sangat mengganggu, bagaimana tahun pun berjalan, aksesn internet yang gratsi dan program televisi sugestif beresiko menyebabkan remaja melakukan penyalahgunaan zat dengan tinggi," kara para peneliti.
Michael Gilbert, seorang rekan senior di University of Southern California Pusat untuk Masa Depan Digital mengatakan survei tersebut tidak membuktikan bahwa menonton acara Jersey Shore atau menghabiskan waktu di Facebook mengarah ke penyalahgunaan zat. Namun, itu tidak berarti bahwa apa yang dilihat anak-anak di TV atau di Internet tidak mempengaruhi perilaku mereka.
"Sekitar setengah dari remaja yang secara teratur menggunakan situs jaringan sosial mengatakan mereka pernah melihat gambar anak-anak mabuk, pingsan atau menggunakan obat di situs tersebut. Melihat gambar tersebut bisa memperkuat gagasan bahwa "semua orang melakukannya," kata Gilbert.

Marzuki: Jangan Biarkan Rumah Susun Marunda Terbengkelai

Sunday 28 August 2011

0 comments
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Marzuki Alie meminta, pembangunan rumah susun di Jakarta harus tepat sasaran dan jangan dibiarkan kosong yang akhirnya bisa rusak atau terbengkelai.

"Rumah susun di Marunda Jakarta itu, kita heran, kok masih banyak yang kosong. Harusnya bisa diisi penuh karena kebutuhan rumah bagi masyarakat Jakarta itu tinggi," katanya kepada pers di Jakarta, Jumat.

Dia mempertanyakan manajemen pengelolaan rumah susun Marunda yang membiarkan masih banyak kosong, padahal masyarakat di DKI masih banyak yang membutuhkan tempat tinggal.

"Kalau dibiarkan kosong `kan lama-lama rusak, padahal perawatannya juga butuh biaya. Kalau dibiarkan kosong, patut dipertanyakan," katanya.

Dia mengemukakan, penetapan tarif sewa rusun harus disesuaikan dengan kemampuan warga. Jika terlalu tinggi, masyarakat keberatan dan akhirnya kosong.

Rusun Marunda, kata Marzuki, semula diperuntukkan bagi korban penggusuran. Namun rumah susun di sana justru sampai sekarang masih banyak yang kosong setelah dibangun beberapa tahun lalu.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Mulyadi mengatakan, pembangunan rumah susun oleh Kementerian Perumahan Rakyat banyak yang tidak tepat sasaran ditinjau dari berbagai aspeknya. Hal ini mengakibatkan kebutuhan masyarakat akan perumahan tidak kunjung juga bisa dipenuhi, sementara berbagai proyek pembangunan rumah susun yang telah dilakukan pun tidak bisa didayagunakan maupun dimanfaatkan penggunanannya secara maksimal.

"Pembangunan rumah susun banyak yang tidak tepat sasaran. Banyak warga masyarakat yang membutuhkan perumahan sampai saat ini belum bisa dipenuhi kebutuhannya, sementara banyak proyek rumah susun yang sampai saat ini belum dimanfaatkan sama sekali dan kosong," ujar Mulyadi.

Dia mencontohkan rumah susun di Marunda yang dibangun bersama antara pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebanyak 11 tower yang sampai saat ini tidak juga dihuni dan kosong semuanya. "Ini `kan sayang sekali di tengah keterbatasan anggaran pemerintah dan kebutuhan masyarakat akan perumahan masih ada rumah susun yang tidak dihuni," katanya.

Selain itu, menurut dia, rumah susun yang telah terbangun pun rata-rata tidak terpelihara dengan baik. Pemerintah pusat maupun daerah hanya membangun saja tanpa memikirkan pemeliharaan maupun perawatan yang tetap membutuhkan biaya.

"Kemenpera hanya membangun saja kemudian menyerahkan rumah susun kepada pemda. Sementara pemda tidak memiliki dana operasioanal pemeliharaan yang memadai. Makanya jangan heran banyak rumah susun usia 5 tahun sudah banyak yang rusak dan tidak terpelihara. Biaya pemeliharaan itu tinggi, apalagi perawatannya seperti perawatan struktur kerusakan," katanya.

Dia juga mengkritik Kemenpera karena menggunakan dana APBN untuk pembangunan rumah susun bukan untuk masyarakat tapi pegawai lembaga pemerintah.

"Pembangunan rumah susun TNI/Polri ataupun PNS seharusnya tidak dikerjakan oleh Kemenpera. Itu seharusnya dilakukan oleh kementrian atau lembaga masing-masing dengan mengajukan anggarannya sendiri. Jadi bukan menggunakan anggaran perumahan rakyat tapi digunakan untuk lembaga lainnya dan bukan untuk masyarakat umum," katanya.

Dia mengusulkan rumah susun yang ada dan terletak di tengah kota untuk diremajakan. "Pemerintah pusat membangun, pemda menyediakan lahannya. Lahan yang disediakan pemda tentunya biasanya jauh dari pusat kota. Padahal seharusnya itu dibangun di tengah kota, tapi karena keterbatasan lahan maka dibangun di pinggir kota," katanya.

Padahal kalau mau banyak rumah susun lama yang ada di tengah kota yang sudah harus diremajakan. "Itu saja dibongkar, dibangun lebih tinggi dan lebih baik sehingga bisa menampung lebih banyak penghuni," katanya.

10 Rumah Terunik Didunia part 2

0 comments










Yuni Shara Suka Raffi Karena Berani Apeli Ibu-Ibu

Saturday 27 August 2011

0 comments
Bukan sekedar hal-hal yang bersifat fisik, yang membuat penyanyi Yuni Shara menjatuhkan pilihan pada Raffi Ahmad. Namun banyak faktor non fisik yang membuatnya kesemsem, termasuk keberanian Raffi untuk apel ke rumah tante-tante seperti dirinya.
"Kalau ada pilihan di depan saya, saya nggak akan pilih dia, mungkin Raffi nggak akan pilih saya. Saya nggak tahu Raffi, tahunya di tempat Melly, nggak tahu berapa umurnya. Bukan karena nggak ada pilihan, jodoh itu Gusti Allah yang atur. Begitu banyak kesenjangan dan perbedaan, melihat kita itu kan janggal, namun justru kita begitu dekat," kata Yuni Shara.
"Saya suka Raffi, berani ke rumah saya sendiri. Itu poin plus buat dia, berani datangi ibu-ibu sendiri, proses perjalanan mengetahui Raffi itu lama. Raffi yang nggak bisa diem, dan tenang itu proses lama. Sebenarnya pilihan banyak, tapi kok (jatuhnya) ke saya terus. Awalnya nggak terus, tapi kok kepikiran dia terus," sambungnya.
Yuni yang saat itu diwawancarai Deddy Corbuzier saat taping untuk acara Hitam Putih, Selasa (23/8/2011) malam mengungkapkan, sebagaimana banyak pria yang lain, Raffi berusaha mengejar perempuan yang diidamkannya.
"Dia laki-laki. Mau nggak mau ngejar," tegas Yuni yang mengaku akan memilih Raffi daripada Deddy yang berstatus suami orang.
Pilihan Yuni jatuh pada Raffi karena memang harus terjadi. Dia sendiri tidak tahu pasti mengapa akhirnya harus memilih dia yang 15 tahun jauh lebih muda. Sajak saat itu dirinya berusaha seperti tidak peduli lagi dengan penilaian orang yang tidak sedikit dengan nada negatif.
"Karena waktu itu.....Raffi harus sama saya, mungkin jodoh. Semuanya mungkin saja, ada Raffi sangat berbeda dan berwarna. Saya 12 tahun menikah yang 15 tahun lebih tua, sekarang saya dekat dengan pemuda yang usianya 15 tahun lebih muda. Tapi terima kasih apapun pendapat orang punya asumsi masing-masing terhadap saya dan Raffi.

Cantiknya Nazaruddin Pengacara

Friday 26 August 2011

0 comments
Pengacara cantik Nazaruddin, Dea Tunggaesti, kini sering dibicarakan publik. Dea yang sebelumnya dikenal sebagai artis, kini tampil menggarap kasus 'panas' yang menyenggol banyak elit politik itu. Sebelum bergabung dengan OC Kaligis, lulusan S1 sarjana hukum di Universitas Pelita Harapan itu sempat menjadi pemain sinetron dan model. Tapi Dea rupanya lebih mencintai dunia hukum, dan kini menjadi pengacara.
(Foto:VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

6000 Pemudik di Kemayoran di lepas Anas Urbaningrum-Ibas

0 comments


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum melepas kurang lebih 6000 pemudik menuju seluruh wilayah Jawa, seperti Cirebon, Cilacap, Semarang, Jogyakarta, Surabaya, Blitar, Wonosobo, Solo, Pacitan dan Tegal.

Berdasarkan pemantauan Tribunnews.com, Anas tampak ditemani oleh Sekjen Partai Demokrat, Edy Baskoro Yudhoyono. Istri Anas, Atilla juga nampak hadir di acara tersebut. Tidak lupa pula ada Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Ahmad Mubarok dan Menteri Perhubungan, Freddy Numberi.

Dalam mudik itu Partai Demokrat memberangkatkan sekitar 6000 pemudik dari berbagai wilayah yang ada di Jabotabek dengan jumlah kendaraan kurang lebih mencapai 100 bis.

Ketua Panitia Mudik Bareng Partai Demokrat, Herman Khaeron mengatakan bahwa kegiatan mudik gratis adalah salah satu bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat daerah yang tinggal di Jabotabek untuk pulang ke Jawa Tengah,Jogjakarta dan wilayah Jawa Timur.

"Alhamdulillah Partai Demokrat tahun ini bisa kembalĂ­ memberangkatkan saudara-saudara kita yang ada di Jakarta untuk pulang kampung ke daerahnya masing-masing. Dan mudik tahun ini ada peningkatan dari tahun sebelumnya baik jumlah pemudik maupun jumlah bis," ujar Herman Khaeron kepada wartawan di Kemayoran, Jakarta, Sabtu(27/8/2011).

Wakil Ketua Komisi IV DPR ini menjelaskan, bahwa mudik gratis dilakukan sebagai bentuk kepedulian Partai Demokrat terhadap masyarakat. Tentu semua yang dilakukan itu sesuai dengan program Partai Demokrat yakni Bakti Untuk Rakyat.

Dalam kegiatan mudik gratis juga akan diadakan berbagai kegiatan seperti hiburan, door prize. Herman menambahkan bahwa berbagai rangkaian kegiatan tersebut bagian upaya kepedulian Partai Demokrat masyarakat.

Lebih jauh lagi Herman menjelaskan, tidak hanya menyelenggarakan mudik gratis yang dibuka secara langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dan Sekjen Eddie Baskoro Yudhoyono, rangkaian kegiatan besok pun akan dilanjutkan kunjungan pasar yang ada di wilayah DKI.

"Rencananya setelah Ketum memberangkatkan secara resmi besok akan dilanjutkan kegiatan kunjungan pasar yang dipimpin oleh Ketua Umum. Disana Ketum dan rombongan akan meninjau langsung harga bahan pokok,"pungkasnya.

10 Rumah Terunik Didunia

0 comments
Rumah mungkin merupakan tempat teraman dan terbaik bagi orang yang tinggal di dalamnya. Bagaimanapun bentuknya, rumah memiliki kenyamanan dan kedamaian.







Sulit dipercaya apabila orang-orang yang tinggal di rumah di bawah ini memikirkan hal yang sama.

Di bawah adalah daftar 10 rumah yang sangat tidak biasa di dunia. Anda akan menyukainya tapi pertanyaannya apakah Anda ingin tinggal di dalamnya?

Bung Karno Pahlawan Islam Asia-Afrika

Thursday 25 August 2011

0 comments
Hari ini, dalam mengucapkan pidato kepada Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, saya merasa tertekan oleh suatu rasa tanggung-jawab yang besar. Saya merasa rendah hati berbicara dihadapan rapat agung daripada negarawan-negarawan yang bijaksana dan berpengalaman dari timur dan barat, dari utara dan dari selatan, dari bangsa-bangsa tua dan dari bangsa-bangsa muda dan dari bangsa-bangsa yang baru bangkit kembali dari tidur yang lama.
    Saya telah memanjatkan do’a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar lidah saya dapat menemukan kata-kata yang tepat untuk menyatakan perasaan hati saya, dan saya juga telah berdo’a agar kata-kata ini akan bergema dalam hati sanubari mereka yang mendengarnya.

    Saya merasa gembira sekali dapat mengucapkan selamat kepada Tuan Ketua atas pengangkatannya dalam jabatannya yang tinggi dan konstruktif. Saya juga merasa gembira sekali untuk menyampaikan atas nama bangsa saya ucapkan selamat datang yang sangat mesra kepada keenambelas Anggauta baru dari Perserikata Bangsa-Bangsa.

    Kitab Suci Islam mengamanatkan sesuatu kepada kita pada saat ini. Qur’an berkata: “Hai, sekalian manusia, sesungguhnya Aku telah menjadikan kamu sekalian dari seorang lelaki dan seorang perempuan, sehingga kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu sekalian kenal-mengenal satu sama lain. Bahwasanya yang lebih mulia diantara kamu sekalian, ialah yang lebih taqwa kepadaKu”.

    Empat alinea di atas, adalah empat paragraf Pidato Bung Karno yang fenomenal di depan Sidang Umum PBB XV, 30 September 1960. Pidato itu diberinya judul To Build the World Anew, Membangun Tatanan Dunia yang Baru. Silakan diulang paragraf terakhir, bagaimana Bung Karno untuk pertama kalinya di hadapan sidang PBB mengutip ayat-ayat suci Alquran.

    Ayat tersebut, ia kutip dari surat Al-Hujarat (49):13, sebagai salah satu konsep kebangsaan yang dari sudut pandang Islam. Betapa bahwa Islam pun mengenal konsep kebangsaan. Dalam konteks berbicara di forum dunia tersebut, Bung Karno tak lupa mengutip Alquran, khususnya ayat-ayat kebangsaan.

    Anda tahu? Pasca pidato Bung Karno itu, banyak pemimpin negara Islam… ya… pemimpin negara yang berasaskan Islam, termasuk Saudi Arabia merasa “kecolongan”. Benar, sebab sebelum-sebelumnya, tidak satu pun kepala negara yang pernah mengutip ayat suci Alquran dalam pidatonya. Hanya Bung Karno, Presiden Republik Indonesia yang melakukannya.

    Karenanya, ia kemudian dinobatkan sebagai Pahlawan Islam Asia-Afrika. Penobatan itu dilakukan pada pertemuan para pemimpin negara-negara Asia Afrika di Kairo Mesir, yang kemudian melahirkan Gerakan Non Blok, tahun 1961. Begitu fenomenalnya sosok Bung Karno, sehingga ia menjadi mercu suar, bukan saja bagi bangsanya, tetapi bagi bangsa-bangsa di Asia dan Afrika. (roso daras)

Goa-Goa Yang Paling Menakjubkan Didunia

Tuesday 23 August 2011

0 comments
 Gua Unik Menakjubkan yang Didalamnya Berisi Kristal Di Naica dekat Chihuahua, Meksiko terdapat sebuah gua yang sangat unik

 Gua Unik Menakjubkan yang Didalamnya Berisi Kristal Di Naica dekat Chihuahua, Meksiko terdapat sebuah gua yang sangat unik

Gua Unik Menakjubkan yang Didalamnya Berisi Kristal Di Naica dekat Chihuahua, Meksiko terdapat sebuah gua yang sangat unik

Memperbaiki komputer sering restart

0 comments
Memperbaiki komputer sering restart
Diantara beberapa masalah atau kerusakan yang sering terjadi pada sebuah komputer adalah kondisi dimana komputer sering restart sendiri. Kondisi komputer sering restart ini tentu saja sangat menjengkelkan terutama apabila kita sedang melakukan pekerjaan kemudian secara tiba-tiba komputer restart sendiri sedangkan kita belum sempat menyimpan dokumen atau menyelesaikan pekerjaan tersebut. Menurut pengalaman saya pribadi terdapat beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan komputer sering restart sendiri, diantaranya adalah:

1. Komputer sering restart karena Processor kepanasan
Processor yang kepanasan (overheat) adalah salah satu penyebab utama komputer anda atau sering restart sendiri. Untuk mengecek terjadinya overheat pada Processor dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya:

    Melihat kondisi temperatur pada menu Hardware Monitor di BIOS
    Menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor
    Mengecek secara manual yaitu dengan membuka casing CPU dan meraba sendiri temperatur pada bagian Pendingin (Cooler) Processor.

Penyebab utama dari Processor yang kepanasan ini juga terdapat beberapa hal:

    Kondisi kipas angin (fan) yang terdapat pada pendingin Processor yang sudah tidak optimal (misalnya macet karena debu)
    Menumpuknya debu pada sirip-sirip Pendingin Processor, ini adalah hal yang sering terjadi terutama apabila ruangan tempat penyimpanan komputer berdebu.
    Sudah keringnya atau bahkan tidak adanya thermal paste yang merekatkan antara Processor dan Pendinginnya.
    Kondisi ruangan tempat penyimpanan komputer yang memang panas.

Untuk mengatasi komputer sering restart karena Procesor kepanasan (overheat) ini kita bisa melakukan beberapa hal diantaranya:

    Senantiasa membersihkan debu yang terdapat dalam Casing CPU dan Pendingin Processor. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kuas cat yang bersih dan vacum cleaner kecil.
    Menggunakan thermal paste sebagai penghubung yang merekatkan bagian Processor dan Pendingin. Untuk thermal paste yang sudah kering sebaiknya diganti.
    Menyimpan komputer diruangan yang tidak terlalu panas (lebih baik ber-AC). Seandainya terpaksa harus menyimpan komputer di ruangan yang cukup panas, maka sebaiknya lengkapi casing CPU dengan kipas angin tambahan.
    Menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor untuk mengetahui secara dini kondisi overheat pada Processor. Program ini dapat Anda download disini. Screenshootnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


2. Komputer sering restart karena Power Supply yang kekurangan daya
Penyebab kedua komputer sering restart adalah kurangnya daya atau sudah tidak optimalnya bagian Power Supply yang mensupply daya pada CPU. Hal ini bisa terjadi misalnya karena macetnya atau matinya Kipas angin (fan) yang terdapat pada power supply, sehingga terjadi overheat pada komponen Power Supply itu sendiri. Apabila anda merasa curiga dengan performa Power Supply yang terpasang sebaiknya ganti dulu bagian power Supply ini dengan Power Supply yang terbukti berfungsi baik. Untuk keperluan komputer sekarang, sebaiknya pakailah sebuah Power Supply dengan daya minimal 530 Watt.

3. Komputer sering restart karena VGA Card rusak
Komputer sering restart sendiri juga bisa terjadi karena rusaknya bagian VGA Card yang terpasang pada slot AGP atau PCI. Biasanya VGA Card yang rusak akan terasa cepat panas pada bagian pendinginnya, selain itu tampilan gambar pada layar monitorpun menjadi rusak. Untuk itu apabila komputer Anda sering restart ada baiknya juga untuk mengecek komponen tersebut.

4. Komputer sering restart karena Hardisk bad sector
Sebuah hardisk yang rusak atau bahkan terdapat bad sector didalamnya dapat menjadi penyebab komputer menjadi hang, muncul pesan bluescreen of deadth atau komputer ga bisa booting dan me-restart terus. Untuk mencegah keruksakan sekaligus memperbaiki hardisk tersebut kita bisa menjalankan program scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan menekan tombol shutdown.


5. Komputer sering restart karena RAM rusak
RAM yang rusak juga bisa menyebabkan komputer sering restart, hal ini pernah saya alami beberapa waktu yang lalu. Saat itu komputer selalu restart ketika dinyalakan meskipun saya telah memastikan tidak ada masalah dengan hardware yang lain, komputer tetap tidak bisa booting dan selalu restart meskipun masuk ke windows safe mode. Saya kemudian mengganti RAM yang terpasang, dan akhirnya komputer bisa berjalan normal kembali.

Demikianlah tentang beberapa penyebab dan cara memperbaiki komputer sering restart, semoga bisa membantu..

Bahasa Arab Menjadi Bahasa Kedua di Australia

Monday 22 August 2011

0 comments


Bahasa Arab menjadi bahasa yang banyak dipakai oleh anak muda di Australia. hasil riset menunjukkan, satu dari delapan anak multilingual di Australia, menggunakan bahasa arab di rumahnya.

The Australia Early Development Index melakukan penelitian terhadap 260 ribu anak sekolah pada tahun pertama sekolahnya, 18 persen dari anak-anak itu berbahasa Arab. Demikian Seperti dilansir AFP, Jum'at (15/4).

Bahasa Vietnam merupakan bahasa populer kedua setelah Arab yang digunakan oleh 8,4 persen, kemudian diikuti bahasa Yunani, China dan India yang kurang lebih digunakan oleh lima persen anak muda.

Inggris, Selandia Baru, India dan Amerika Serikat adalah negara atas kelahiran warga Australia, diikuti oleh Filiphina, China, Afrika Selatan, Korea Selatan dan Sri Lanka.

"Penduduk Australia merupakan salah satu populasi yang memiliki budaya dan bahasa yang beragam di dunia dan hal ini dapat dibuktikan dari hasil survei AEDI," ujar seorang peneliti.

Anak-anak suku Aborigin berjumlah 4,8 persen dari populasi siswa dan hanya seperlima dari mereka yang berbicara bahasa asli di rumah. Kebanyakan bahasa pribumi digabungkan dengan bahasa Inggris.

Hasil studi mengungkapkan, kurang dari 100 anak yang menggunakan bahasa pribumi.

AC Milan Targetkan Pinjam Tiga Pemain Liga Primer Inggris

Sunday 21 August 2011

0 comments


Selama bursa transfer musim panas ini, Milan praktis belum mendatangkan nama besar ke dalam skuad mereka. Karena itu, hasil kurang memuaskan selama persiapan pra-musim, kemungkinan akan membuat mereka mendatangkan pemain baru lagi.

Para fans bannyak yang berharap klub kesayangan mereka menambah pemain lagi. Menurut kabar dari Mirror Football, Rossoneri sedang berusaha meminjam tiga pemain yang berlaga di Liga Primer Inggris.

Aquilani termasuk dalam daftar incaran Milan. Gelandang Liverpool ini sempat dipinjam Juventus pada musim lalu. Ia sempat akan hijrah ke Fiorentina tapi tidak tercapai kesepakatan dengan The Reds.

Aquilani sendiri pernah menyatakan hanya ingin pindah dengan status permanen bukan pinjaman. Namun Milan masih berpeluang mendatangkan pemain asal Italia itu dengan iming-iming dimainkan di Liga Champions, apalagi Liverpool di musim ini absen berlaga di Eropa.

Milan juga berharap bisa meminjam salah satu dari Balotelli atau Crouch karena beberapa penyerang mereka sedang mengalami cedera.

Balotelli bisa saja tertarik pulang ke Italia karena pemain Manchester City ini merasa tidak kerasan di Inggris. Sedangkan Crouch termasuk dalam deretan pemain yang akan dilego Tottenham.

‘Kalah’ Melawan Alquran, Dr Jeffrey Lang Menerima Islam

Saturday 20 August 2011

0 comments


Sejak kecil Dr Jeffrey Lang dikenal ingin tahu. Ia kerap mempertanyakan logika sesuatu dan mengkaji apa pun berdasarkan perspektif rasional. “Ayah, surga itu ada?” tanya Jeffrey kecil suatu kali kepada ayahnya tentang keberadaan surga, saat keduanya berjalan bersama anjing peliharaan mereka di pantai. Bukan suatu kejutan jika kelak Jeffrey Lang menjadi profesor matematika, sebuah wilayah dimana tak ada tempat selain logika.

Saat menjadi siswa tahun terakhir di Notre Dam Boys High, sebuah SMA Katholik, Jeffrey Lang memiliki keberatan rasional terhadap keyakinan akan keberadaan Tuhan. Diskusi dengan pendeta sekolah, orangtuanya, dan rekan sekelasnya tak juga bisa memuaskannya tentang keberadaan Tuhan. “Tuhan akan membuatmu tertunduk, Jeffrey!” kata ayahnya ketika ia membantah keberadaan Tuhan di usia 18 tahun.

Ia akhirnya memutuskan menjadi atheis pada usia 18 tahun, yang berlangsung selama 10 tahun ke depan selama menjalani kuliah S1, S2, dan S3, hingga akhirnya memeluk Islam.

Adalah beberapa saat sebelum atau sesudah memutuskan menjadi atheis, Jeffrey Lang mengalami sebuah mimpi. Berikut penuturan Jeffrey Lang tentang mimpinya itu:

Kami berada dalam sebuah ruangan tanpa perabotan. Tak ada apa pun di tembok ruangan itu yang berwarna putih agak abu-abu.

Satu-satunya ‘hiasan’ adalah karpet berpola dominan merah-putih yang menutupi lantai. Ada sebuah jendela kecil, seperti jendela ruang bawah tanah, yang terletak di atas dan menghadap ke kami. Cahaya terang mengisi ruangan melalui jendela itu.

Kami membentuk deretan. Saya berada di deret ketiga. Semuanya pria, tak ada wanita, dan kami semua duduk di lantai di atas tumit kami, menghadap arah jendela.

Terasa asing. Saya tak mengenal seorang pun. Mungkin, saya berada di Negara lain. Kami menunduk serentak, muka kami menghadap lantai. Semuanya tenang dan hening, bagaikan semua suara dimatikan. Kami serentak kami kembali duduk di atas tumit kami. Saat saya melihat ke depan, saya sadar kami dipimpin oleh seseorang di depan yang berada di sisi kiri saya, di tengah kami, di bawah jendela. Ia berdiri sendiri. Saya hanya bisa melihat singkat punggungnya. Ia memakai jubah putih panjang. Ia mengenakan selendang putih di kepalanya, dengan desain merah. Saat itulah saya terbangun.

Sepanjang sepuluh tahun menjadi atheis, Jeffrey Lang beberapa kali mengalami mimpi yang sama. Bagaimanapun, ia tak terganggu dengan mimpi itu. Ia hanya merasa nyaman saat terbangun. Sebuah perasaan nyaman yang aneh. Ia tak tahu apa itu. Tak ada logika di balik itu, dan karenanya ia tak peduli kendati mimpi itu berulang.

Sepuluh tahun kemudian, saat pertama kali memberi kuliah di University of San Fransisco, dia bertemu murid Muslim yang mengikuti kelasnya. Tak hanya dengan sang murid, Jeffrey pun tak lama kemudian menjalin persahabatan dengan keluarga sang murid. Agama bukan menjadi topik bahasan saat Jeffrey menghabiskan waktu dengan keluarga sang murid. Hingga setelah beberapa waktu salah satu anggota keluarga sang murid memberikan Alquran kepada Jeffrey.

Kendati tak sedang berniat mengetahui Islam, Jeffrey mulai membuka-buka Alquran dan membacanya. Saat itu kepalanya dipenuhi berbagai prasangka.

“Anda tak bisa hanya membaca Alquran, tidak bisa jika Anda tidak menganggapnya serius. Anda harus, pertama, memang benar-benar telah menyerah kepada Alquran, atau kedua, ‘menantangnya’,” ungkap Jeffrey.

Ia kemudian mendapati dirinya berada di tengah-tengah pergulatan yang sangat menarik. “Ia (Alquran) ‘menyerang’ Anda, secara langsung, personal. Ia (Alquran) mendebat, mengkritik, membuat (Anda) malu, dan menantang. Sejak awal ia (Alquran) menorehkan garis perang, dan saya berada di wilayah yang berseberangan.”

“Saya menderita kekalahan parah (dalam pergulatan). Dari situ menjadi jelas bahwa Sang Penulis (Alquran) mengetahui saya lebih baik ketimbang diri saya sendiri,” kata Jeffrey. Ia mengatakan seakan Sang Penulis membaca pikirannya. Setiap malam ia menyiapkan sejumlah pertanyaan dan keberatan, namun selalu mendapati jawabannya pada bacaan berikutnya, seiring ia membaca halaman demi halaman Alquran secara berurutan.

“Alquran selalu jauh di depan pemikiran saya. Ia menghapus aral yang telah saya bangun bertahun-tahun lalu dan menjawab pertanyaan saya.” Jeffrey mencoba melawan dengan keras dengan keberatan dan pertanyaan, namun semakin jelas ia kalah dalam pergulatan. “Saya dituntun ke sudut di mana tak ada lain selain satu pilihan.”

Saat itu awal 1980-an dan tak banyak Muslim di kampusnya, University of San Fransisco. Jeffrey mendapati sebuah ruangan kecil di basement sebuah gereja di mana sejumlah mahasiswa Muslim melakukan sholat. Usai pergulatan panjang di benaknya, ia memberanikan diri untuk mengunjungi tempat itu.

Beberapa jam mengunjungi di tempat itu, ia mendapati dirinya mengucap syahadat. Usai syahadat, waktu shalat dzuhur tiba dan ia pun diundang untuk berpartisipasi. Ia berdiri dalam deretan dengan para mahasiswa lainnya, dipimpin imam yang bernama Ghassan. Jeffrey mulai mengikuti mereka shalat berjamaah.

Jeffrey ikut bersujud. Kepalanya menempel di karpet merah-putih. Suasananya tenang dan hening, bagaikan semua suara dimatikan. Ia lalu kembali duduk di antara dua sujud.

“Saat saya melihat ke depan, saya bisa melihat Ghassan, di sisi kiri saya, di tengah-tengah, di bawah jendela yang menerangi ruangan dengan cahaya. Dia sendirian, tanpa barisan. Dia mengenakan jubah putih panjang. Selendang (scarf) putih menutupi kepalanya, dengan desain merah.”

“Mimpi itu! Saya berteriak dalam hati. Mimpi itu, persis! Saya telah benar-benar melupakannya, dan sekarang saya tertegun dan takut. Apakah ini mimpi? Apakah saya akan terbangun? Saya mencoba fokus apa yang terjadi untuk memastikan apakah saya tidur. Rasa dingin mengalir cepat ke seluruh tubuh saya. Ya Tuhan, ini nyata! Lalu rasa dingin itu hilang, berganti rasa hangat yang berasal dari dalam. Air mata saya bercucuran.”

Ucapan ayahnya sepuluh tahun silam terbukti. Ia kini berlutut, dan wajahnya menempel di lantai. Bagian tertinggi otaknya yang selama ini berisi seluruh pengetahuan dan intelektualitasnya kini berada di titik terendah, dalam sebuah penyerahan total kepada Allah SWT.

Jeffrey Lang merasa Tuhan sendiri yang menuntunnya kepada Islam. “Saya tahu Tuhan itu selalu dekat, mengarahkan hidup saya, menciptakan lingkungan dan kesempatan untuk memilih, namun tetap meninggalkan pilihan krusial kepada saya,” ujar Jeffrey kini.

Jeffrey kini professor jurusan matematika University of Kansas dan memiliki tiga anak. Ia menulis tiga buku yang banyak dibaca oleh Muslim AS: Struggling to Surrender (Beltsville, 1994); Even Angels Ask (Beltsville, 1997); dan Losing My Religion: A Call for Help (Beltsville, 2004). Ia memberi kuliah di banyak kampus dan menjadi pembicara di banyak konferensi Islam.

Ia memiliki tiga anak, dan bukan sebuah kejutan anaknya memiliki rasa keingintahuan yang sama. Jeffrey kini harus menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang sama yang dulu ia lontarkan kepada ayahnya. Suatu hari ia ditanya oleh anak perempuannya yang berusia delapan tahun, Jameelah, usai mereka shalat Ashar berjamaah. “Ayah, mengapa kita shalat?”

“Pertanyaannya mengejutkan saya. Tak sangka berasal dari anak usia delapan tahun. Saya tahu memang jawaban yang paling jelas, bahwa Muslim diwajibkan shalat. Tapi, saya tak ingin membuang kesempatan untuk berbagi pengalaman dan keuntungan dari shalat. Bagaimana pun, usai menyusun jawaban di kepala, saya memulai dengan, ‘Kita shalat karena Tuhan ingin kita melakukannya’,”

“Tapi kenapa, ayah, apa akibat dari shalat?” Jameela kembali bertanya. “Sulit menjelaskan kepada anak kecil, sayang. Suatu hari, jika kamu melakukan shalat lima waktu tiap hari, saya yakin kami akan mengerti, namun ayah akan coba yang terbaik untuk menjawan pertanyaan kamu

Cara Membuat Office 2003 bisa membaca File Office

Friday 19 August 2011

0 comments
Seringkali kita terkadang dibuat repot dengan perubahan yang dilakukan oleh Microsoft, terkhusus perubahan pada OFFICE 2003 menjadi OFFICE 2007.

Mengapa repot dengan semuanya..................?

Bagi pengguna Office 2003

    File yang di hasilkan oleh OFFICE 2007 berextension ( *.docx, xlsx, pptx ) sedangkan file yang dihasilkan oleh office XP maupun 2003 berextension ( *.doc, xls, ppt ). Sayangnya jika kita masih menggunakan Office 2003 tentunya tidak bisa membaca file dari 2007 tersebut, sehingga menimbulkan kerepotan tersendiri.
    Harus belajar menu - menu baru yang ada di Office 2007 kalo terpaksa harus beralih dari 2003 menjadi 2007.
    Yang lebih menyesakan lagi kalo office 2003 kita beli yang original, wah sayang dong kalo harus di uninstall, hilang sudah lisensinya.


Bagi Pengguna Office 2007
Selamat anda berani melakukan perubahan alias BERANI BERUBAH. Repotnya apa?

    Harus belajar menu-menu baru sehingga waktu untuk bekerja jauh lebih lama, namun ini sifatnya hanya sementara.
    Seperti diatas file - file yang dibuat di office 2007 tidak bisa dibaca di 2003, kecuali sudah melakukan langkah - langkah sbb :


* Setelah mengetik lakukan save as, dibawah judul yang kita buat ada kotak kecil yang bertuliskan Save As Type : pilih file yang berextension *.doc yaitu word 97-2003 document, jika kita kerja di Ms Word lalu save.

* Setting permanen file yang dibuat akan tersimpan ke dalam file office 97-2003 secara otomatis dengan cara klik tanda bulat pada pojok kanan atas yang berlogo bendera Microsoft Office ( Office Button ) arahkan krusor ke bagian paling bawah mis pake word ada tulisan WORD OPTION>SAVE>pada tulisan Save file in this format pilih word 97-2003 document lalu klik ok. Maka secara otomatis default penyimpanan file berubah ke office 97-2003.Lakukan hal yang sama pada Exel dan Powerpoint anda.

Bagaimana Caranya Agar Office 2007 bisa terbaca di 2003?

Caranya sangat gampang sekali, dan ini semua sudah dipikirkan oleh yang empunya yaitu MbakMiCrosoft tinggal datang saja ke situsnya kita bisa mendownload file FORMAT CONVETER nya yang berukuran 27,5 Mb. Untuk mempermudah bisa langsung klik di http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?FamilyId=941B3470-3AE9-4AEE-8F43-C6BB74CD1466&displaylang=en . Setelah terdownload double klik saja filenya dan ikutin perintah-perintahnya dalam waktu tidak kurang dari 5 menit Office 2003 anda sudah bisa membaca file Office 2007 bahkan bisa membuat juga file untuk 2007. Hebat thoooo...microsoft.....dengan demikian saya NYATAKAN bahwa kerepotan - kerepotan yang sering terjadi serperti diatas dapat segera dihindarkan .


gambang kan ....................bagi yang telah mencoba :)
Selamat Mencoba.

Langkah Demi Langkah Merakit Komputer

0 comments
Langkah Demi Langkah Merakit Komputer

Komponen perakit komputer tersedia di pasaran dengan beragam pilihan kualitas dan harga. Dengan merakit sendiri komputer, kita dapat menentukan jenis komponen, kemampuan serta fasilitas dari komputer sesuai kebutuhan.Tahapan dalam perakitan komputer terdiri dari:
A. Persiapan
B. Perakitan
C. Pengujian
D. Penanganan Masalah


Persiapan
Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul.Hal yang terkait dalam persiapan meliputi:

    Penentuan Konfigurasi Komputer
    Persiapan Kompunen dan perlengkapan
    Pengamanan

Penentuan Konfigurasi Komputer
Konfigurasi komputer berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita.Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda.
Persiapan Komponen dan Perlengkapan
Komponen komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan untuk perakitan dipersiapkan lebih dulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disiapkan terdiri dari:

    Komponen komputer
    Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan sebagainya
    Buku manual dan referensi dari komponen
    Alat bantu berupa obeng pipih dan philips

Software sistem operasi, device driver dan program aplikasi.






Buku manual diperlukan sebagai rujukan untuk mengatahui diagram posisi dari elemen koneksi (konektor, port dan slot) dan elemen konfigurasi (jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untuk komputer yang dirakit.Diskette atau CD Software diperlukan untuk menginstall Sistem Operasi, device driver dari piranti, dan program aplikasi pada komputer yang selesai dirakit.
Pengamanan
Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan.Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara:

    Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
    Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen.




Perakitan
Tahapan proses pada perakitan komputer terdiri dari:

    Penyiapan motherboard
    Memasang Prosessor
    Memasang heatsink
    Memasang Modul Memori
    memasang Motherboard pada Casing
    Memasang Power Supply
    Memasang Kabel Motherboard dan Casing
    Memasang Drive
    Memasang card Adapter
    Penyelesaian Akhir

 1. Penyiapan motherboard
Periksa buku manual motherboard untuk mengetahui posisi jumper untuk pengaturan CPU speed, speed multiplier dan tegangan masukan ke motherboard. Atur seting jumper sesuai petunjuk, kesalahan mengatur jumper tegangan dapat merusak prosessor.

2. Memasang Prosessor
Prosessor lebih mudah dipasang sebelum motherboard menempati casing. Cara memasang prosessor jenis socket dan slot berbeda.Jenis socket

    Tentukan posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik, segitiga atau lekukan.
    Tegakkan posisi tuas pengunci socket untuk membuka.
    Masukkan prosessor ke socket dengan lebih dulu menyelaraskan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket. rapatkan hingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket.
    Turunkan kembali tuas pengunci.





Jenis Slot

    Pasang penyangga (bracket) pada dua ujung slot di motherboard sehingga posisi lubang pasak bertemu dengan lubang di motherboard
    Masukkan pasak kemudian pengunci pasak pada lubang pasak

Selipkan card prosessor di antara kedua penahan dan tekan hingga tepat masuk ke lubang slot.
rakit6.jpg
3. Memasang Heatsink
Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink.Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gen penghantar panas.Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard. 
rakit16.jpg

4. Memasang Modul Memori
Modul memori umumnya dipasang berurutan dari nomor socket terkecil. Urutan pemasangan dapat dilihat dari diagram motherboard.Setiap jenis modul memori yakni SIMM, DIMM dan RIMM dapat dibedakan dengan posisi lekukan pada sisi dan bawah pada modul.Cara memasang untuk tiap jenis modul memori sebagai berikut.
Jenis SIMM

    Sesuaikan posisi lekukan pada modul dengan tonjolan pada slot.
    Masukkan modul dengan membuat sudut miring 45 derajat terhadap slot
    Dorong hingga modul tegak pada slot, tuas pengunci pada slot akan otomatis mengunci modul.

rakit7.jpg

rakit8.jpg
Jenis DIMM dan RIMM
Cara memasang modul DIMM dan RIMM sama dan hanya ada satu cara sehingga tidak akan terbalik karena ada dua lekukan sebagai panduan. Perbedaanya DIMM dan RIMM pada posisi lekukan

    Rebahkan kait pengunci pada ujung slot
    sesuaikan posisi lekukan pada konektor modul dengan tonjolan pada slot. lalu masukkan modul ke slot.
    Kait pengunci secara otomatis mengunci modul pada slot bila modul sudah tepat terpasang.

 
rakit9.jpg

rakit10.jpg
  5. Memasang Motherboard pada Casing
Motherboard dipasang ke casing dengan sekerup dan dudukan (standoff). Cara pemasangannya sebagai berikut:

    Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk dudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang.
    Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard.
    Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam.
    Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada.
    Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup.

 
rakit11.jpg
  6. Memasang Power Supply
Beberapa jenis casing sudah dilengkapi power supply. Bila power supply belum disertakan maka cara pemasangannya sebagai berikut:

    Masukkan power supply pada rak di bagian belakang casing. Pasang ke empat buah sekerup pengunci.
    HUbungkan konektor power dari power supply ke motherboard. Konektor power jenis ATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak akan terbalik. Untuk jenis non ATX dengan dua konektor yang terpisah maka kabel-kabel ground warna hitam harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada bagian tengah dari konektor power motherboard. Hubungkan kabel daya untuk fan, jika memakai fan untuk pendingin CPU.


rakit12.jpg
7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
Setelah motherboard terpasang di casing langkah selanjutnya adalah memasang kabel I/O pada motherboard dan panel dengan casing.

    Pasang kabel data untuk floppy drive pada konektor pengontrol floppy di motherboard
    Pasang kabel IDE untuk pada konektor IDE primary dan secondary pada motherboard.
    Untuk motherboard non ATX. Pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di motherboard. Perhatikan posisi pin 1 untuk memasang.
    Pada bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port tambahan jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port lalumasukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
    Bila port mouse belum tersedia di belakang casing maka card konektor mouse harus dipasang lalu dihubungkan dengan konektor mouse pada motherboard.
    Hubungan kabel konektor dari switch di panel depan casing, LED, speaker internal dan port yang terpasang di depan casing bila ada ke motherboard. Periksa diagram motherboard untuk mencari lokasi konektor yang tepat.


rakit13.jpg
rakit14.jpg
rakit15.jpg


8. Memasang Drive
Prosedur memasang drive hardisk, floppy, CD ROM, CD-RW atau DVD adalah sama sebagai berikut:

    Copot pelet penutup bay drive (ruang untuk drive pada casing)
    Masukkan drive dari depan bay dengan terlebih dahulu mengatur seting jumper (sebagai master atau slave) pada drive.
    Sesuaikan posisi lubang sekerup di drive dan casing lalu pasang sekerup penahan drive.
    Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primary dipakai lebih dulu)
    Ulangi langkah 1 samapai 4 untuk setiap pemasangan drive.
    Bila kabel IDE terhubung ke du drive pastikan perbedaan seting jumper keduanya yakni drive pertama diset sebagai master dan lainnya sebagai slave.
    Konektor IDE secondary pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.
    Floppy drive dihubungkan ke konektor khusus floppy di motherboard

Sambungkan kabel power dari catu daya ke masing-masing drive.

rakit17.jpg
9. Memasang Card Adapter
Card adapter yang umum dipasang adalah video card, sound, network, modem dan SCSI adapter. Video card umumnya harus dipasang dan diinstall sebelum card adapter lainnya. Cara memasang adapter:

    Pegang card adapter pada tepi, hindari menyentuh komponen atau rangkaian elektronik. Tekan card hingga konektor tepat masuk pada slot ekspansi di motherboard
    Pasang sekerup penahan card ke casing
    Hubungkan kembali kabel internal pada card, bila ada.


rakit18.jpg
10. Penyelessaian Akhir

    Pasang penutup casing dengan menggeser
    sambungkan kabel dari catu daya ke soket dinding.
    Pasang konektor monitor ke port video card.
    Pasang konektor kabel telepon ke port modem bila ada.
    Hubungkan konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse atau poert serial (tergantung jenis mouse).
    Hubungkan piranti eksternal lainnya seperti speaker, joystick, dan microphone bila ada ke port yang sesuai. Periksa manual dari card adapter untuk memastikan lokasi port.

 
rakit19.jpg
Pengujian
Komputer yang baru selesai dirakit dapat diuji dengan menjalankan program setup BIOS. Cara melakukan pengujian dengan program BIOS sebagai berikut:

    Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker.
    Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode beep.
    Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dari program POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS.
    Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence.
    Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS.

Setelah keluar dari setup BIOS, komputer akan meload Sistem OPerasi dengan urutan pencarian sesuai seting boot sequence pada BIOS. Masukkan diskette atau CD Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian.
Penanganan Masalah
Permasalahan yang umum terjadi dalam perakitan komputer dan penanganannya antara lain:

    Komputer atau monitor tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switch atau kabel daya belum terhubung.
    Card adapter yang tidak terdeteksi disebabkan oleh pemasangan card belum pas ke slot/

LED dari hardisk, floppy atau CD menyala terus disebabkan kesalahan pemasangan kabel konektor atau ada pin yang belum pas terhubung.  Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak

0 comments
Bagi anda yang sedang mengalami masalah dengan flashdisk, khususnya kasus flashdisk terdeteksi di Windows namun tidak bisa di format anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini untuk memperbaikinya :
.
Format flashdisk melalui Linux/LiveCD Linux
(original page: http://linux.or.id/node/2835/)
.
Langkah yang harus dilakukan:
.
  1. Booting komputer menggunakan LiveCD Linux, misal Slax KillBill, Knoppix atau distro lainnya,
  2. Setelah login ke sistem, masukkan flashdisk yang bermasalah tadi ke salah satu port USB. Demi keamanan data, pastikan hanya flashdisk yang bermasalah saja yang terpasang,
  3. Pastikan flashdisk anda terdeteksi, atau setidaknya indikator led nyala,
  4. Masuk ke console
  5. Pada console jalankan cfdisk /dev/sda1 (sesuaikan dengan flashdisk ke berapa yang terpasang),
  6. Delete atau hapus partisi pada flashdisk,
  7. Buat partisi baru dengan memilih Create New | Write,
  8. Simpan perubahan yang baru saja anda lakukan,
  9. Format flashdisk dengan cara mengetikan perintah mkfs.vfat-f32 /dev/sda1 di console.
  10. Flashdisk anda telah memiliki partisi baru, sehingga bisa digunakan kembali baik di Linux maupun di Windows.
Format flashdisk Menggunakan USB Disk Storage Format Tool
Di samping cara di atas, anda juga bisa menggunakan tools yang dikeluarkan oleh pihak ketiga. Salah satunya adalah Hewlet Packard (HP). Walaupun tools ini dikeluarkan oleh HP, namun utilisasinya juga bisa digunakan pada flashdisk merek lain.
Berikut langkah-langkah memperbaiki flashdisk yang tidak bisa di format menggunakan HP USB Disk Storage Format Tool:
  1. Download aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool di sini,
  2. Install aplikasi tersebut, rekomendasi OS yang digunakan adalah Microsoft Windows 2000, Windows 2003 Server dan Novel Netware,
  3. Masukkan flashdisk yang bermasalah ke salah satu port USB. Pastikan flashdisk anda terdeteksi dan memperoleh alokasi drive di Windows,
  4. Jalankan aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool
  5. Tentukan drive tempat flashdisk terpasang,
  6. Pilih Create New or Replace Existing Configuration untuk membuat partisi baru baru dan menghapus konfigurasi yang ada di flashdisk,
  7. Format flashdisk anda sesuai dengan file sistem yang diinginkan.
Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat.

Bersyukur itu indah

0 comments


Ada seorang pertapa yang selalu dikunjungi oleh orang dari berbagai tempat. Menurut mereka, pertapa itu orang yang sangat bijaksana. Ia memberikan nasihat-nasihat yang sangat baik bagi mereka. Karena itu, mereka rela mengorbankan waktu mereka untuk mendatangi pertapa itu.

    Namun sebenarnya yang dilakukan oleh pertapa itu sangat sederhana. Ia cuma menasihati mereka untuk senantiasa bersyukur kepada Tuhan. Mereka mesti mensyukuri setiap pemberian dari Tuhan kepada mereka. Hanya dengan mensyukuri itu mereka dapat menemukan sukacita dan damai dalam hidup ini. Nasihat itu dilaksanakan dengan baik oleh mereka. Hidup mereka menjadi damai. Mereka mengalami ketenteraman dalam hidup ini.

    Pertapa itu berkata, “Hal yang sangat sulit dilakukan oleh manusia adalah bersyukur atas hidup ini. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena manusia merasa bahwa hidup ini adalah milik mereka. Padahal bukan. Hidup ini adalah pemberian dari Allah.”

    Menurut pertapa itu, bersyukur mesti menjadi keutamaan dalam hidup manusia. Orang yang senantiasa mensyukuri kebaikan Allah akan selalu mengalami bahwa hidup ini memiliki sisi yang begitu indah. Sedangkan orang yang sulit mensyukuri pemberian Allah lebih sering memandang hidup ini dari sisi negatif.

    Sahabat, sudahkah Anda mensyukuri hidup Anda hari ini? Bukankah ada begitu banyak hal baik yang Anda jumpai hari ini? Atau kalau Anda belum mensyukuri kebaikan hidup ini, apa alasannya? Bukankah Allah tidak pernah menyakiti hati Anda?

    Bersyukur berarti kita menerima kehadiran Allah dalam hidup ini. Inilah sikap iman yang benar. Orang beriman itu orang yang menyerahkan seluruh hidupnya ke dalam kuasa Allah. Orang membiarkan Allah sendiri yang berkarya di dalam hidupnya. Orang hanya mengandalkan Allah dalam hidupnya. Tidak ada hal-hal lain yang diandalkan dalam hidup ini. Dengan cara ini, orang beriman akan menemukan hidupnya begitu bermakna.

    Karena itu, orang mesti menyisihkan waktunya untuk bersyukur atas segala hal indah yang telah diperoleh dalam hidupnya. Dengan rasa syukur, orang mampu menghargai pemberian dari Allah. Dan yang diharapkan adalah juga tetap menghargai kehadiran Allah dalam hidup ini.

    Kisah tadi mau mengatakan kepada kita bahwa bersyukur itu menjadi awal yang indah bagi hidup ini. Bersyukur itu menjadi suatu kesempatan bagi kita untuk mengembangkan hidup kita. Mengapa? Karena hidup ini tidak boleh berhenti pada apa yang sudah kita capai sekarang ini. Hidup ini mesti berjalan terus. Hidup ini mesti terus-menerus kita isi dengan hal-hal yang baik dan berharga. Dengan demikian, hidup ini semakin berguna bagi kita.

bangkitlah kader perempuan

0 comments

Hampir semua aktifis perempuan sudah mafhum, bahwa gerakan perempuan adalah
fenomena umum dari gejala maraknya berbagai gerakan sosial baru yang tumbuh sejak
pertengahan abad lalu. Ia adalah respon dari kebuntuan gerakan Kiri Lama yang terkurung dalam
politik kelas yang berakibat pada sikap acuh tak acuh terhadap realitas penindasan di dalam sub-
sub kelas, seperti yang menimpa komunitas kulit hitam dan kaum perempuan. Maklum saja, bagi
Kiri Lama hanya ada dua kelas, kelas kapitalis sebagai kelompok penindas, dan kelas proletar
sebagai kelompok tertindas. Dalam pandangan mereka (berbagi dengan Liberalisme, Kiri Lama
masih menganut keyakinan rasionalitas Pencerahan yang meyakini “kemanusiaan yang sama dan
universal”), kelas yang telah disebut terakhir ini adalah satu-satunya agen universal yang
menjadi motor perubahan.

Refleksi semacam ini lahir di Eropa, sementara realitas peminggiran dan diskriminasi
terhadap kaum perempuan adalah fenomena yang hampir merata di belahan dunia. Justeru
karena dalam setiap refleksi bersifat partikular, parsial dan selalu ada jarak renggang dengan
kenyataan, maka setiap basis dasar pengandaian dari sebuah refleksi mesti ditatap dengan mata
kritis dan terbuka. Apakah universalitas manusia --yang acuh tak acuh terhadap realitas
diskriminasi dan peminggiran berdasarkan perbedaan budaya, agama, etnik, dan jenis kelamin,
atau katakanlah perbedaan konteks struktur dasar masyarakat-- adalah pengandaian yang cukup
memadai sebagai basis gerakan kesetaraan kaum perempuan?

Di kalangan feminis progresif, dalam struktur dasar masyarakat yang patriarkis,
kesetaraan universal adalah ilusi. Dan gerakan perempuan seyogyanya tidak lahir dari sebuah
ilusi semacam itu. Gerakan perempuan harus lahir dari basis dasar kenyataan sosial yang konkrit.
Kenyataan itu adalah perbedaan. Perbedaan budaya, mode ekonomi, nilai religi, kekuatan fisik,
aspek psikologis dan biologis, dan seterusnya. Bukan perbedaan yang diingkari dan
didiskriminasi, melainkan perbedaan yang dihargai dan dalam konteks yang bersifat relasional.
Di dalam politik perbedaan, butuh suatu strategi: politik ruang. Ruang yang didominasi oleh laki-
laki tak banyak yang bisa diharapkan, baik akomodasi suara maupun sumberdaya. Ini realitas,
bukan pengandaian. Berdasarkan alasan itu pula, kira-kira, dulu, Kiri Lama yang sudah impoten
dan lesu itu harus menggantikan pandangan kelas universalnya dengan gerakan-gerakan sosial
baru berbasis perbedaan. Dan Kiri Lama bermetamorfosis menjadi Kiri Baru.

Muslim Swedia membentuk Dewan Fatwa

Thursday 18 August 2011

0 comments


Halal atau Haram? Kini Muslim Swedia Punya Lembaga Membedakannya

Muslim Swedia baru membentuk Dewan Fatwa. dewan ini akan membantu Muslim di Swedia yang mencari nasihat tentang bagaimana hidup sesuai dengan Islam, termasuk untuk memberi fatwa kontemporer menyangkut halal dan haramnya suatu hal.

Bagi 450 ribu Muslim - atau sekitar 5 persen dari total penduduk - di Swedia, mungkin tidak selalu mudah untuk memahami bagaimana praktik-praktik Islam paling baik diterapkan dalam masyarakat Swedia. Hadirnya Dewan Fatwa Swedia (Svenska Fatwaraadet) -- secara resmi dimulai pada pertengahan 2009 dengan 14 anggota -- sangat membantu. Dewan ini beranggotakan imam berpendidikan tinggi dan orang-orang dengan pengalaman di berbagai bidang.

"Pertanyaan paling umum yang kami terima berkaitan dengan isu-isu hubungan - perkawinan dan perceraian - juga masalah-masalah ekonomi, masalah-masalah pribadi tentang bagaimana untuk hidup sebagai Muslim di Swedia dan arbitrasi konflik," kata Saeed Azam, ketua Dewan.

Ini adalah praktik umum bahwa umat Islam mencari nasehat agama tentang bagaimana hidup dengan cara yang terbaik.

Kata fatwa umum didefinisikan sebagai pernyataan hukum dalam Islam yang dikeluarkan olehlembaga berkompeten tentang satu masalah tertentu. Fatwa ada yang bersifat universal, namun ada pula yang bersifat lokal, mempertimbangkan waktu dan tempat. Sebagai contoh, pada tahun 2001, Grand Mufti Mesir mengeluarkan fatwa yang menyatakan bahwa acara televisi populer Who Want To Be a Millionaire adalah tidak Islami.

Namun fatwa ini dibantah banyak pihak, karena mempertimbangkan tidak ada keberatan karena mereka menyebarkan pengetahuan umum.

Dewan Fatwa Swedia mengeluarkan fatwa pertama tahun lalu sebagai tanggapan terhadap serangan bom bunuh diri di Stockholm, mengutuk tindakan tersebut dan menggambarkannya sebagai tidak kompatibel dengan Islam.

"Ada kebutuhan besar di Swedia untuk minoritas Muslim sebuah dewan untuk meminta saran dalam konteks yang sesuai dengan lingkungan. "Kami tahu bagaimana rasanya hidup di Swedia dan kondisi bahwa orang hidup di sini, kita memahami tantangan ini," kata Azam.

Dewan Fatwa Swedia berencana untuk menyebar imam yang berkualitas ke seluruh negeri untuk meningkatkan jangkauan mereka.

Dalam Dewan mereka berencana untuk membentuk Komite Fatwa, yang hanya terdiri dari imam yang telah mendapatkan setidaknya gelar sarjana dalam syariah, atau studi tentang sistem hukum Islam.

Syariah, bagaimanapun, penafsiran beragam, dari konservatif sampai liberal. "Ini merupakan tindakan penyeimbangan untuk menemukan wakil yang tepat, untuk menghindari ekstremitas," kata Azam.

Saat ini Komite yang beranggotakan sembilan imam berpendidikan tersebut, akan menjawab apapun pertanyaan Jamaah. Anggota Komite jumlahnya ganjil untuk memastikan suara mayoritas saat memberikan jawaban.

Mereka juga membuka layanan interaktif. Pertanyaan bisa disampaikan kepada Dewan melalui surat dan e-mail melalui situs web mereka.

Namun tak semua mendukung berdirinya Dewan Fatwa ini. "Mereka adalah kelompok kecil tanpa kualifikasi yang sebenarnya tak perlu didirikan di sini di Swedia," kata seorang perwakilan dari Masjid Agung di Stockholm. Apalagi, katanya, mereka telah memiliki dewan Muslim.

Dewan Muslim Swedia (Sverige's Muslimska Rad - SMR) dianggap sebagai otoritas Muslim tertinggi di negeri ini dan berfungsi sebagai organisasi payung bagi semua kelompok Islam dan terdaftar di Swedia.

Presiden SMR, Helena Benaouda, mengatakan hal senada. Ia menyayangkan Dewan yang minim representasi perempuan.
free counters

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Page Rank

Copyright © 2011 Green Ilmu | Splashy Free Blogger Templates with Background Images, Trucks