SEJUMLAH KONTROVERSI HADIAH SENI (SASTRA)

Friday 11 March 2011

0 comments

: Hudan Nur


“Budi Palopo dapat hadiah seni dari gubernur. Tahun depan aku njagoin Lan Fang. Tahun depannya lagi Tjahjono Widianto terus A. Muttaqin, S. Yoga ==> lha kok klik DKJT semua ya? Politiknya kayak TUK ya… atau sama juga DKL. Wah politicking jadi virus juga di seni. Bencana nih!” (sms seorang teman)


NAMPAKNYA keberlangsungan sejarah sastra memang harus bertengkar dan berludah-ludah. Tidak hanya menyuarakan ketertindasan sosial tetapi juga bertengkar dengan koleganya. Sehingga penyasastra yang idealnya soliter cenderung berklik. Seperti Pramoedya Ananta Toer yang layak mendapatkan Ramon Magsasay bahkan Nobel dijegal karena dendam lama Taufik Ismail kala Pram berkuasa. Pun halnya Pablo Neruda di tahun 1964 saat ia menjadi petinggi Chile, ia tidak mendapat Nobel. Saat itu, Sartre sendiri mengakui Neruda-lah yang layak mendapatkan Nobel tetapi karena ada campur tangan CIA, Nobel diberikan kepada Sartre dan ia menolaknya.

Sejarah sastra memang identik dengan pertengkaran dalam arti sempit. Gabriel Garcia Marquez pernah ditonjok Mario Vargas Llosa, begitupun Chairil Anwar juga pernah ditonjok HB. Jassin. Kini pertengkaran diwarisi dengan sistem perkubuan atau istilah berklik. Sebut saja, klik Salihara atau klik TUK atau klik KSI dan lain-lain. Bahkan penghadiahan bidang seni, budaya, atau sastra berdasarkan sistem kolega dan berklik.

Ironisnya karya tidak lagi dinilai dari segi kualitas tetapi faktor-faktor lain yang bersifat kepentingan tertentu dan acapkali berhubungan dengan kekerabatan. Tentu hal ini tidak fear! Ada banyak sesi penghadiahan yang diberikan oleh petinggi daerah, SKPD tertentu yang menjadi kontroversi karena dinilai tertutup dalam menentukan si penerima anugrah atau hadiah. Sebut saja Dinas Budaya dan Pariwisata Propinsi Kalimantan Selatan dengan Anugrah Budayanya yang dinilai bagi sebagian kalangan hal ini ganjil. Idealnya sebuah hadiah diberikan dengan kriteria tertentu dan sistem penjurian oleh pihak yang kompeten. Sejauh ini, pihak panitia tidak pernah mengekspose dan terkesan tertutup.

Selama ini, hadiah seni (sastra) yang diberikan oleh gubernur juga tidak ditahu secara luas siapa-siapa yang menilai pun kriteria penilaian yang bagaimana hingga seorang mendapat hadiah sastra, sebab sastra bukan semata teks (aksi) tetapi juga gerakan (reaksi) sehingga bila ada kekeliruan di suatu waktu bisa dikoreksi. Sebagai contoh, seorang sastrawan asal Hulu Sungai Selatan, Aliman Syahrani (AS) yang pernah mendapatkan hadiah sastra dari Gubernur Kalimantan Selatan. Dan beberapa waktu terakhir mendapat koreksi atas karya-karyanya yang disinyalir memflagiat karya orang lain.

Dalam beberapa pertemuan rekan-rekan sejawat yang tidak disengaja, perbincangan menyoal keaslian karya dan sejumlah bukti-bukti selalu mengarah ke AS. Terakhir puisinya yang termasuk dalam Antologi Sastra Kalimantan Selatan di Tabalong tahun 2010 yang berjudul Pasar Terapung juga disebut-sebut memiliki persamaan dengan orang terdahulunya. Terlebih disebut-sebut, wajar saja kontroversi flagiator Noor Hidayah bisa menang wong jurinya juga seorang flagiat! Sangat memprihatinkan, bukan?

Sebagai contoh; “Setelah melakukan pengkajian dan menimbang berbagai masukan, cerpen Perempuan Tua dalam Rashomon tulisan Dadang Ari Murtono, yang dimuat Kompas Minggu (30/1) dinyatakan dicabut dan tidak pernah dimuat dengan berbagai alasan. Redaksi (dimuat Kompas Minggu 6 Februari 2011 hal.20).” Info Abdul Malik Mojokerto.

Barangkali hal beginilah yang seharusnya ditiru dalam khasanah penghadiahan seni (sastra) dan event sastra agar penulisnya tidak berulah lagi. Lalu bagaimana dengan AS yang terlanjur mendapat hadiah sastra namun belakangan disinyalir karyanya flagiat? Mungkin, kalau permulaan masih bisa ditorerir bagi sebagian kalangan, tetapi AS hingga 2010 memasukkan puisi Pasar Terapungnya dalam Antologi Aruh Sastra dan menjadi pergunjingan berbagai pihak.

Selain itu kontroversi serupa juga terjadi ketika Balai Bahasa Banjarmasin (BBB) yang setiap dua tahun sekali mengumumkan nama-nama yang mendapat award. Bagi sejumlah orang perorang kenapa tidak A, Kenapa harus B yang dapat? Kriterianya apa? Yang menilai siapa? Sebagian kalangan beranggapan masih ada yang lebih tepat untuk menerimanya jadi kenapa harus B, kenapa tidak A? Ada seorang tua berkata, bila ingin mendapat award serupa kita harus pro dan jangan pernah mengkritisi dalam bentuk apapun karena misi BBB hanya memberikan apresiasi terhadap orang yang berkiprah di dunianya, tanpa misi politik apapun. Dan sudah tentu adalah mereka yang sudah dikenal (dekat) berklik oleh BBB.

Begitu pula dengan Radar Banjarmasin Award (RBA) yang pertama kali digelar dipenghujung tahun 2010 yang lalu di kawasan Minggu Raya Banjarbaru, kenapa yang dapat adalah Sainul Hermawan dan Kayla Untara. Malahan seorang teman menyatakan “Wah bila Sainul saya sepakat, tetapi untuk Kayla saya belum punya referensi!” Isu yang beredar karena keduanya sering mengirimkan tulisan ke Radar Minggu. Hingga pada malam penganugrahan yang semestinya dihadiri ratusan simpatisan yang datang hanya sebagian kecil, itupun mereka yang berdomisili di Banjarbaru, yang lainnya tidak datang dengan alasan tidak tahu dan sebagian lagi berkonfrontasi (klik).

Padahal diluar kecenderungan like dan dislike ataupun klik di Kalimantan Selatan yang apriori, RBA (mungkin) ingin membangkitkan kelesuan sastra Koran bagi penulis lokal yang semakin ke depan semakin jarang mengekspose tulisannya. Tetapi, setelah ajang RBA itu, tidak terlihat ada implikasi positif dalam bentuk nominal apresiasi ke setiap penulis medianya begitu juga dengan halaman rubriknya yang tidak bertambah. Atau penulisnya yang sedikit hingga sampai sekarang rubriknya hanya satu halaman?

Euforia hadiah seni (sastra) di sejumlah penganugrahan hanya menjadi gondok dan pertanyaan bisu. Tidak ada penilaian secara kualitas yang digunakan dalam menilai, hanya pertanda bahwa eksistensinya dinilai ada. Selebihnya faktor kedekatan, kenal, dan klik. Itu saja!***


RindU suAsaNa desA..

Saturday 5 March 2011

0 comments
RindU suAsaNa desA..

TentuX Yg terpEntiNg iaLaH suaSanaX yG riaNg spertY dL...

tp syAng,,

kiNi sObaT2_q dHA PadA deWasa...

kini MreKa MEngikuti Jalan HiduP mreKA seNdiri2..

adA yG ke Luar pulAu,,Ada Yg k MalAng,,AdaYg Ke MadurA,,

Q deWe MenceTat nanG SuraBAya..

MassA2 itU mUngkiN kaN SuliT trulaNg Lagi...

taPi,,,kAn TtaP treKAm daLam IngataN Q..

& saNgat ingiNn Q MerasKanx Lagi....
saat BermaiN di SbelaH MushoLLaH seUsai Mengaji,,

saAt tiDur di Mushollah Pada SaAt BulaN Puasa..

& BanYak Hal Lagi...

PadahaL Q dL mMimpikaN Khidupan Dewasa Yg Q raZa sangat Enak..

tp,,,

trnyta,,,

y bgini inilah Kehidupan Ketika Beranjak Dewasa..

tp..

Ttp Syukur Alkhamdulillah aTaZ cMua iniE...
SmoGA Tradisi di desa kiTa tK perNah PunaH Sampai Akhir Nanti..

smoGa desa Q yG dL ttp_laH teNtraM,Damai & nyamaN...

Amiin..

TemaNn,,

SmoGa KaliaN sLaLu mengingaT Massa2 Indah qT duLu..

Desa...

SsuatU yaNg Sangat Q cinTa...

uTk SohiB2 yG MasiH ad di Desa..

ToloNg JAga baiK2 ya KawaNn!!!!

"we really love our village ..."

Nb : Bwt P. Kyai,,Semoga Cpt di Beri KesemBuhaN OleH Alloh SWT..

ANTOLOGI HASIL TEMU SASTRAWAN INDONESIA III DI TANJUNGPINANG, KEPRI

Thursday 3 March 2011

0 comments
Kota Tanjungpinang merupakan salah satu pusat penting Kerajaan Melayu. Ia pernah menjadi menjadi gerbang Kerajaan Bintan sejak tahun 1673 Kerajaan Johor muncul gemilang di Hulu Sungai Carang – atau dikenal sebagai Sungai Riau. Pada masa itu dunia kalam, tulis-menulis berbagai ilmu pegetahuan, khususnya agama Islam dan sastra tumbuh subur. Maka dikenallaah nama pengarang Raja Ahmad dan Engku Putri Hamidah, anak Raja Haji Fisabilillah. Kepengarangan terus berlanjut sampai kepada Raja Ali Haji (anak Raja Ahmad dan merupakan cucu Raja Haji), Haji Ibrahim Datuk Kaya Muda Riau dan sampai kepada Aisyah Sulaiman Riau. Selepas itu, muncul Hasan Junus, Rida K. Liamsi, Sutardji Calzoum Bachri, Ibrahim Sattah, BM. Syamsuddin dan lain-lain sampai Suryatati A. Manan.

Buku Tanjungpinang Punya Cerita ini mencoba menghimpun cerpen dan puisi yang berlatar Kota Tanjungpinang karya sejumlah pengarang/penyair dari berbagai kota di tanah air. Mereka adalah Ahmadun Yosi Herfanda, Chavchay Syaifullah, Hudan Nur, Isbedi Stiawan ZS, Rida K. Liamsi, Sitok Srengenge, Tan Lioe Ie, Viddy AD Daery, Fakhrunnas MA Jabbar, Nanang Suryadi, Fahrudin Nasrulloh, Gus tf Sakai, Joni Ariadinata, M. Raudah Jambak, Raudal Tanjung Banua, dan Triyanto Triwikromo; di samping dari Tanjungpinang sendiri, Abdul Kadir Ibrahim dan Suryatati A Manan.

Ini bukan sekadar romantisme-kenangan, namun sebuah upaya membangkitkan kemungkinan kreatif dari sebuah kota, sekaligus mendokumentasikan pengalaman sastrawan atas kota yang hikmatinya. Karya sastra sebagai dokumentasi sosial niscaya menemukan persilangannya yang tepat: ia merekm jejak pergulatan Kota Tanjungpinang, dulu, sekarang dan masa datang.


5 Mobil Limusion Paling Aneh Di Dunia

0 comments

5 Mobil Limusion Paling Aneh Di Dunia



Layanan Limousine, produsen mobil dan desainer individu akan bekerja ekstra untuk berdiri keluar. Temui beberapa limusin paling gila di luar sana.

Pink Hummer Limo

Tiga TV, lampu laser, lampunya, 1800 watt sound system, Disco Lantai, lampu bintang, lampu optik, interior kulit pink, 22 "velg Chrome. populer Sangat dengan wanita pada malam mereka di sekitar kota.


World's Longest Limousine

Total panjang adalah 100 kaki (lebih dari 30 meter). Ia memiliki 26 ban, ruang untuk banyak penumpang, jacuzzi dipanaskan, dek matahari, kolam renang, tempat tidur sedikit dan ... helipad sebuah!


dual-nosed Escalade Limousine

Prius Limousine

Sebuah 6 kustom pintu 10 seater Toyota Prius dilakukan oleh Kanada dengan cara yang lebih cerdas maka sebagian besar dari kita

KAZ, the electric Limousine

KAZ adalah proyek bersama Italia-Jepang untuk membuat limusin listrik. Keio Advanced Zero-Emisi kendaraan, itulah yang KAZ singkatan. Butuh waktu 5 tahun untuk membangun dan biaya $ 4.000.000 tapi hasilnya lebih dari mengesankan: ia memiliki 6 mesin listrik powering limusin enam roda, masing-masing memproduksi 74 daya kuda dan 74 lb-ft. torsi. Itu berarti bayi ini pergi dari 0 ke 62mph hanya dalam 7 detik, mencapai seperempat mil dalam waktu 15 detik dan memiliki kecepatan tertinggi 193,3 km / h

Wednesday 2 March 2011

0 comments

Tingkah Laku Aneh Para Presiden Indonesia

Diposkan oleh jaka JPI Selasa, 01 Maret 2011
HabibiePresiden Pintar yang Tidak Pernah Mau Kalah

Meski sekian lama menjadi bagian dari masa pemerintahan Soeharto dan menganggap Soeharto adalah guru sekaligus bapaknya, namun gaya kepemimpinan Habibie jauh bertolak belakang dengan orang yang dihormatinya itu. Muladi, mantan Menteri Kehakiman di era Orde Baru menuturkan, sidang kabinet yang dipimpin Soeharto selalu berlangsung dalam suasana mencekam.
Para menteri takut angkat tangan mengajukan diri untuk bicara. Sementara di zaman Habibie, para menteri justru berebut mengacungkan jari. Muladi menggambarkan, susana sidang kabinet seperti sebuah seminar: riuh, panas, kadang gebrak-gebrak meja seperti mau kelahi.
Habibie sendiri yang merangsang suasana seperti itu karena dia memang senang berdebat. Semakin didebat ia semakin bersemangat. Karena semua menteri boleh bicara dan perdebatan dibuka seluas-luasnya sebelum diambil keputusan, sidang kabinet bisa berlangsung sampai larut malam.
Habibie, menurut adalah seorang extrovert. Gaya komunikasinya penuh spontanitas, meletup-letup, cepat bereaksi, tanpa mau memikirkan risikonya. Tatkala Habibie dalam situasi penuh emosional, ia cenderung bertindak atau mengambil keputusan secara cepat. Seolah ia kehilangan kesabaran untuk menurunkan amarahnya. Bertindak cepat, rupanya, salah satu solusi untuk menurunkan tensinya.
Karakteristik ini diilustrasikan dengan kisah lepasnya Timor Timur dari Indonesia.
Semua orang terkejut, terutama Almarhum Ali Alatas yang kala itu menjabat sebagai Menteri Luar Negeri, ketika Habibie tiba-tiba mengumumkan kepada dunia internasional tentang pemberian opsi kepada rakyat Timor Timur : tetap bergabung dengan Indonesia atau melepaskan diri sebagai negara merdeka.
Biang keladi dari keputusan besar ini adalah sepucuk surat Perdana Menteri Astralia kala itu, John Howard, yang ditujukan pada Habibie pada Desember 1998. Menurut penuturan Juwono Soedarsono, Habibie marah membaca isi surat Howard yang meminta Indonesia mempertimbangkan hak politik rakyat Timor Timur untuk menyatakan penentuan nasib sendiri.
Habibie merasa surat itu seperti tantangan sekaligus kritik terhadap pemerintah Indonesia. Karena Habibie mempunyai tabiat tidak mau kalah dengan siapapun maka tantangan itupun secara spontan dijawab.
Dalam sidang kabinet 27 Januari 1999 kebijakan pemberian opsi ini dipertanyakan oleh Hendropriyono yang kala itu menjabat sebagai Menteri Transmigrasi. “Kalau plebisit kalah, bagaimana? Siapa bertanggung jawab? Ini kan nanti akan terjadi eksodus, eksodus dari para transmigran yang sudah 25 tahun di sana. Siapa yang bertanggung jawab?” cecar Hendro seperti ditulis dalam buku itu.
Habibie dengan sigap menjawab,”Saya bertanggung jawab.”
Fahmi Idris, Menteri Tenaga kerja, segera menimpali,”Tanggung jawab apa, Presiden?” Wajah Habibie tampak merah. Seorang menteri dari Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) lantas menengahi situasi panas ini.

Gus Dur
Tidur Saat Pertemuan dengan PM Korea

Suatu ketika, pada era pemerintahan Gus Dur, Laksamana Sukardi (Menteri Negera Badan Urusan Negara) ikut serta dalam kunjungan kenegaraan ke Eropa dan Asia. Jadwal Presiden sangat ketat sehingga membuatnya teler. Para anggota rombongan pun kelelahan luar biasa.
Di Seoul, Gus Dur menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri Korea. Kedua pemimpin negara duduk berdampingan. Perdana Menteri Korea berbicara kalimat demi kalimat yang diterjemahkan oleh seorang penerjemah. Rupanya, karena sangat lelah dan tidak menarik mendengarkan terjemahan, Gus Dur tertidur.
Pada salah satu bagian, PM Korea berujar, ”Mr President, we have an excelent nuclear technology for power plant. If you are interested, we would be happy to have it for you.
(Tuan Presiden, kami memiliki teknologi nuklir yang canggih untuk pembangkit tenaga. Kalau Anda berminat, kami bisa mengusahakannya untuk Anda),”
Pemerintah Korea menawarkan bantuan teknologi nuklir untuk pembangkit listrik Indonesia.
Saat itu, Gus Dur tidur pulas sekali. Selesai pernyataan itu diterjemahkan dalam bahasa Inggris, PM Korea menoleh ke arah Gus Dur menunggu jawaban. Namun, tidak ada jawaban. Laksamana cepat-cepat membangunkan Gus Dur. “Gus… Gus… bangun! Gus… dia tanya apakah kita interested dengan power plant technology yang dia punya.”
Gus Dur karena baru terbangun dari tidurnya dan belum berkonsentrasi langsung nyeplos, “My Minister ask about your nuclear technology…! (Menteri saya bertanya tentang teknologi nuklir yang Anda miliki),”
Laksamana geli bercampur malu. Anggota rombongan pun tersipu-sipu, tidak berani melihat wajah PM Korea. “Kita semua malu. Merah muka kita di hadapan Perdana Menteri Korea,” tutur Laksamana.
Menggebrak Meja
Abdurrahman Wahid alias Gus Dur adalah presiden Indonesia ke-4. Masa kepemimpinannya tidak lama, hanya 21 bulan (20 Oktober 1999 – 23 Juli 2001). Ia dilengserkan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat yang dipimpin Amies Rais dan digantikan Megawati Soekarnoputri.
Meski rentang kepemimpinannya paling singkat dalam sejarah Indonesia, namun sepak terjangnya banyak menuai kontroversi.
Manuver-manuvernya sulit dipahami. Gayanya yang ceplas-ceplos menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Gus Dur tidak bisa memisahkan statusnya sebagai kiai dan Presiden Republik Indonesia. Statusnya sebagai kiai bahkan kerap lebih menonjol daripada sebagai Kepala Negara.
Akibatnya, komunikasi politik Gus Dur kacau. Sebagai kiai Gus Dur adalah sosok yang terbuka terhadap siapa saja, termasuk terbuka terhadap segala informasi yang dibisikan kepadanya. Cilakanya, Gus Dur sering percaya begitu saja pada bisik-bisik orang tanpa pernah lagi mengeceknya. Gara-gara bisik-bisik ini pula ada orang kehilangan kesempatan emasnya berkarir di luar negeri.
Laksamana Sukardi, kala itu Menteri Negara Badan Urusan Milik Negara, menuturkan dalam buku tersebut, suatu kali dipanggil Gus Dur ke istana. Gus Dur menyampaikan, ada orang Indonesia yang bekerja di luar negeri dengan reputasi sangat baik. Ia masih muda dan pintar. Gus Dur ingin Laksamana mencarikan posisi untuk orang itu.
“Dia pintar sekali. Lalu dia mau ditarik ke New York. Kan, sayang kalau ada anak muda yang pintar, masak kerja di luar negeri. Tolong, deh,” ucap Gus Dur seperti ditirukan Laksamana.
Tak lama setelah hari itu, Laksamana kembali menghadap Gus Dur. Ada posisi lowong sebagai direksi Indosat. “Gus, ingat enggak ini orang, anak muda yang tempo hari Gus titipkan ke saya? Dia lebih cocok di Indosat, Gus,” kata Laksamana.
Gus Dur rupanya sudah lupa. Setelah berpikir agak lama, tiba-tiba ia menjawab lantang,”Enggak bisa itu orang!” “Lho, kenapa, Gus?!” Laksamana terperanjat. ”Dia bawa lari isteri orang.” Laksamana kaget setengah mati. Pasalnya, ia sudah menyuruh orang itu keluar dari perusahaan tempatnya bekerja, bahkan diminta secepatnya keluar karena ada perintah Presiden. Orang itupun sudah ada di Indonesia. Laksamana kemudian meminta orang itu menghadap ke kantornya.
”Mas, kok Gus Dur bilang kamu bawa lari isteri orang?” tanya Laksamana. ”Demi Allah, Pak! Saya masih dengan isteri saya yang sekarang,” jawab orang itu.
Usut punya usut, ternyata Gus Dur mendapat bisikan dari orang tertentu tentang anak muda ini. Dan, faktanya bisikan itu tidak benar. Anak muda bergelar PhD ini akhirnya bekerja di sebuah bank swasta. Laksamana merasa kasihan. Bagaimana tidak! Karirnya di perusahaan luar negeri itu sudah bagus, tapi garagara seorang pembisik nasibnya jadi kacau balau.
Menangis Meraung-Raung
Gus Dur juga dikenal sebagai sosok yang emosional. Bila marah, ia bisa menggebrak meja dan kata-kata keras meluncur dari mulutnya. Salah seorang mantan menteri yang tidak bersedia disebutkan namanya menuturkan, ia pernah dimarahi habis-habisan.
Ceritanya begini:
Ada seorang kerabat Gus Dur duduk dalam pemerintahan. Sebut saja namanya XZ. Gus Dur sebenarnya tidak pernah mengangkat XZ. Namun, seorang pimpinan salah satu instansi pemerintah mengangkat XZ sebagai pejabat eselon 1. Mungkin, orang itu berpikir dengan mengangkat kerabat Gus Dur karirnya akan jadi lebih baik mengingat kedekatan XZ dengan Gus Dur.
Namun, sebagai pejabat eselon 1, XZ diketahui kerap “memeras” sejumlah konglomerat keturunan Tionghoa. Para pengusaha ini mendapat semacam “bantuan” tapi dengan imbalan yang sangat besar. Sang menteri tersebut, sebut saja AB, melaporkan perilaku XZ kepada Gus Dur. Gus Dur marah.
AB dicaci maki Gus Dur karena Gus Dur tidak memercayai laporan AB. Beberapa hari kemudian, AB dipanggil Gus Dur ke istana. Pertemuan empat mata. Begitu masuk ke ruang kerja Gus Dur, AB melihat Gus Dur menangis meraung-raung. Ia tampak dilanda kesedihan luar biasa. Lama Gus Dur tidak bisa bicara, hanya menangis dan menangis.
AB bingung, tidak tahu apa yang sedang dialami Gus Dur. Ia berusaha menenangkan Gus Dur. “Gus, tenang, Gus. Tenang, Gus! Ada masalah apa?” ucapnya sambil mengusapi dan memijat-mijat tangan Gus Dur. Sesaat kemudian, Gus Dur berusaha menguasai dirinya, sebelum akhirnya membuka suara.
Intinya, ia mengakui kebenaran informasi tentang perilaku XZ yang pernah disampaikan AB. “Saya malu! Sangat malu! Ternyata, apa yang kamu laporkan kepada saya memang benar semua! Kurang ajar dia!” ujar Gus Dur. Sejak saat itu, dan selama setahun lebih, Gus Dur tidak pernah menyapa XZ.
Megawati
Lebih Antusias Bicara Soal “Shopping
Megawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia kelima. Bisa disebut ia adalah Presiden Indonesia paling pendiam. Putri Bung Karno ini sepertinya seorang pengikut fanatik pepatah kuno “Silence is Gold”. Tapi, diamnya Megawati seringkali kelewatan. Ia tetap tak bersuara bahkan ketika negeri ini membutuhkan kejelasan sikapnya.
Sampai-sampai (Alm) Roeslan Abdulgani, tokoh pejuang 45, berseru, “Megawati bicaralah sebagai Presiden!”
Alkisah pada suatu hari, saat masih menjabat sebagai Presiden, Megawati Soekarnoputri tampak tengah berbincang lama sekali dengan seorang menterinya di kediaman resminya, di Jl Teuku Umar, Jakarta. Sementara perbincangan berlangsung, seorang pembantu dekatnya yang lain menunggu dengan gelisah.
Pasalnya, ia sudah menunggu lama lewat dari waktu yang dijanjikan untuk bertemu. Usai pembicaraan Megawati dengan menterinya, pembantu ini bertanya kepada si Menteri. “Lama amat sih kamu ngobrolnya. Apa saja sih yang dibahas?”
”Enggak ada, Mas. Kita ngobrol hal-hal lain yang enggak ada kaitannya dengan negara!” jawab Sang Menteri sambil tertawa lebar.
Itulah Megawati. Berdasarkan penuturan Laksamana Sukardi, mantan menteri negara Badan Usaha Milik Negara, jika berdiskusi dengan pembantunya, lebih sering soal-soal ringan seperti masakan, tanaman, dan shopping. Pembicaraan dengan topik itu bisa membuat diskusi dengan Megawati berlangsung lama.
Tapi, jika sudah menyentuh soal pekerjaan atau negara, daya fokusnya sangat terbatas. Konsentrasinya kurang cukup untuk terus menerus fokus ke permasalahan. Hal ini menimbulkan kesan Megawati orang yang tidak mau repot dalam mengurus negara.
Mantan pentiggi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang kini hengkang dan mendirikan Partai Demokrasi Pembaruan, Roy BB Janis, dalam sidang kabinet Megawati biasanya lebih banyak diam. Kalaupun angkat suara fungsinya hanya sebagai pengatur lalu lintas. Kalau ada dua menteri saling berdebat di sidang kabinet, Megawati hanya menonton, jarang memberikan pendapatnya sendiri atau menengahi keduanya, meski perdebatan sudah berada pada tingkat ‘panas’.
Ada cukilan kisah menarik tentang diamnya Megawati. Menjelang tutup tahun 2002 aksi-aksi unjuk rasa anti pemerintah, terutama dilancarkan mahasiswa, menunjukkan eskalasi yang tinggi. Aksi ini menyusul kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM dan tarif dasar listrik. Di tengah ingar bingar unjuk rasa itu, beredarlah rumor yang menyebutkan ada pihak-pihak tertentu yang sengaja mengompori rangkaian unjuk rasa itu.
Sebagai orang yang ikut bertanggung jawab atas stabilitas pemerintah, Hendropriyono (Kepala Badan Intelijen Negara), Susilo Bambang Yudhoyono (Menteri Koordinator Politik dan Kemanan), dan Da’i Bachtiar (Kapolri), rupanya terus memeras otak untuk mencari tahu siapa dalang aksi-aksi ini.
Lantas, dalam rapat kabinet tanggal 20 Januari 2003, muncul empat nama yang disebut-sebut sebagai pihak yang berada di belakang aksi unjuk rasa. Mereka adalah Jenderal Wiranto, Fuad Bawazier, Adi Sasono, dan Eros Djarot. Tentang Fuad Bawazier, memang diketahui lama adalah mitra bisnis Rini Suwandi yang kala itu menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan dalam kabinet Megawati.
Kemitraan mereka terjadi jauh sebelum Rini menjadi menteri. Suatu hari bertemulah Hendropriyono dan Rini Suwandi di kediaman Megawati di Jl Teuku Umar. Hendro menegur keras Rini soal sepak terjang Fuad. Katakata Hendro meluncur tanpa tedeng aling-aling. Teguran itu begitu menyakitkan Rini hingga ia menangis sambil memeluk Megawati.
Apa reaksi Presiden? Megawati hanya tersenyum menyaksikan adegan perang mulut antara dua pembantu dekatnya.
Pendendam
Semua orang mafhum, hingga detik ini Megawati emoh bertemu dengan Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden berkuasa yang notabene adalah mantan pembantunya di kabinet. Dalam upacara kenegaraan memperingati ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-63, 17 Agustus, tahun ini, Megawati tidak hadir.
Ketidakhadirannya diyakini karena faktor Yudhoyono sebagai Presiden.
Di mata Megawati, Susilo Bambang Yuhoyono (SBY) tidak lebih seorang pengkhianat, bahkan seorang Brutus yang sadis. Ini semua karena sikap “diam-diam” SBY yang mencalonkan diri sebagai Presiden pada Pemilu 2004.
SBY dinilai tidak jantan. Beberapa kali Megawati bertanya kepada SBY apakah akan maju dalam Pemilu 2004. Dengan diplomatis SBY menjawab, “Belum memikirkan soal itu, Bu. Saya masih konsentrasi dengan tugas selaku Menteri Koordinator Politik dan Keamanan.”
Namun, Megawati dan kubunya menaruh kecurigaan besar terhadap SBY dan timnya. Perseteruan di balik selimut pun terjadi.
Terungkap ke publik bahwa Megawati mengucilkan SBY dari sidang-sidang kabinet. Sikap Megawati ini menguntungkan SBY karena dengan itu SBY tampil di media sebagai korban kezaliman Megawati.
12 Maret 2004 SBY mengirimkan surat pengunduran diri dari kabinet. Dua hari kemudian ia terbang ke Banyuwangi, berkampanye untuk Partai Demokrat. Pada putaran kedua pemilu 2004 SBY menang gemilang dalam pemungutan suara. Megawati sedih dan menangis. Semua orang tahu, saat pelantikan SBY di Gedung MPR pada 20 Oktober 2004 Megawati tidak hadir, padahal banyak orang dekat membujuknya datang.
Semua orang juga tahu, pagi itu Megawati bahkan tidak duduk di depan pesawat televisinya, tapi sibuk berkebun.
Menurut penuturan Roy BB Janis, kegusaran dan kebencian Megawati diartikulasikan dalam rapat DPP PDIP. “Kalau orang lain, Amien Rais Presiden, Wiranto Presiden, siapalah, saya datang. Tapi, kalau ini (SBY) saya enggak bisa, karena dia menikam saya dari belakang,” begitu kata Megawati seperti ditirukan Roy
SBY
Selanjutnya, bagaimana dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)? SBY adalah sosok yang perfeksionis. Ia selalu tampil rapi dengan tutur kata yang tertata. SBY pasti sadar bahwa ia seorang pria yang dikaruniai Tuhan dengan wajah cukup ganteng. Dan, ia betul-betul memanfaatkan ketampanannya setiap kali tampil di depan pers. Seolah kegantengannya dan penampilannya yang dandy merupakan daya tarik tersendiri yang harus selalu ‘dijual’ kepada publik setiap kali ia tampil.
”Pakaian yang dikenakan –apakah berupa setelan jas atau batik- selalu berkualitas No. 1 dengan warna, motif, dan ukuran mantap, mencerminkan seleranya berbusana yang tinggi. Ketika itu ia mungkin lebih pas diberikan predikat sebagai ‘foto model’ atau ‘aktor’ daripada seorang ‘kepala “.
Sebagai seorang perfeksionis, SBY selalu berusaha berkomunikasi dengan bahasa tubuh dan verbal yang sempurna. Namun, gaya bahasanya seringkali high-context, cenderung berputar-putar, terutama ketika ia belum siap dengan keputusannya.
Sayang, tidak banyak hal tersembunyi yang terungkap dalam analisis terhadap gaya komunikasi politik SBY. Mungkin para pembantunya belum ada yang berani bicara terbuka karena Bapak Presiden masih berkuasa.
(Selesai)
Dari buku “Dari Soekarno Sampai SBY:
Intrik dan Lobi Politik Para Penguasa” karya Prof. Dr. Tjipta Lesmana, MA.

Motor Terbaru 2011

0 comments

Motor Terbaru 2011

Motor Suzuki 2011
Foto-foto motor terbaru 2011 pencarian dari website Informasi, informasi tentang foto foto motor 2011 dari situs Blog Informasi 2011 News Terbaru Berita Harian Indonesia Seputar Kesehatan, Lowongan Kerja, Hot News, Berita Hari Ini.
Motor Honda Terbaru 2011
Motor Honda Terbaru 2011 – Berita informasi teknologi otomotif 2011 tentang review motor honda terbaru 2011 lengkap dengan gambar foto wallpaper dan video test drive serta spesifikasi motor-motor honda keluaran 2011. Simak selanjutnya motor terbaru 2011 dibawah ini :

Foto-Foto Motor Terbaru 2011
Motor Honda Terbaru 2011
Motor Honda CBR Terbaru 2011
Motor Suzuki Terbaru 2011
Motor Suzuki Terbaru 2011 – Berita informasi penggemar dunia otomotif dari produk jepang motor suzuki 2011 terbaru full spesifikasi, foto, wallpaper, video. Semoga bisa membantu anda yang sedang mencari info motor update terutama dari suzuki, seperti review sebelumnya untuk motor minerva dan cbr 250 r.
Foto Motor Suzuki Terbaru 2011
Motor Suzuki 2011
Foto Motor Suzuki Satria FU Terbaru 2011
Gimana motor terbaru 2011 gan? Keren banget kan..!! :D
Untuk sementara segitu dulu review “Motor Honda Terbaru 2011 Honda CBR 600RR”. Semoga motor terbaru 2011 ini dapat bermanfaat bagi anda penggila motor-motor terbaru.

Geliat Motor 2 Alam

0 comments

Geliat Motor 2 Alam

Otomotif | February 24, 2011 at 10:34
20110224Cover31 1 Geliat Motor 2 Alam
Gelaran adventure motor sangat fenomenal. Karena hanya event inilah yang dipadati peserta hingga ribuan simpatisan. Tak heran jika pabrikan motor pun menjadikan event ini sebagai lahan empuk untuk memasarkan produknya.
Animo penikmat adventure motor yang tinggi, menjadikan tahun ini sebagai tahun kebangkitan motor 2 alam ini. Salah satunya yang serius adalah Kawasaki. Varian KLX 150S yang dikeluarkan tahun lalu, langsung disedot habis. Dan tahun  ini, kembali akan meluncurkan KSR, motor berbodi trail tapi bermesin bebek.
Bahkan pabrikan Husqvarna asal Italia pun kesengsem melihat market nasional. Terbukti mereka membuka dealer di pulau Bali. Seperti apa varian KSR dan Husqy yang masuk , temukan di majalah BIKERS edisi 31.
Itulah satu dari puluhan topik menarik yang disajikan BIKERS edisi terbaru ini. Mulai liputan jalan-jalan kru bikers ke lereng gunung merapi. Riding di tengah desa yang hilang diterpa wedhus gembel dan abu vulkanik. Melihat dari dekat rumah Mbah Maridjan yang sudah terkubur pasir.
Sosok builder gila dari Purwokerto mengisi rubrik Profil builder. Gimana gak gila, doi bisa mengubah Vespa yang bermesin 2-tak menjadi 4-tak. Tak Cuma itu saja, banyak kreasi-kreasi nyleneh yang telah ditelurkan. Pengin cerita lengkapnya? Buruan beli BIKERS edisi 31. Sebelum kehabisan Bro. (motorplus-online.com) 
Penulis : Ipunk | Editor : Nurfil | Foto : Endro
Source: OtomotifNet

Mungkinkah Indonesia Susul Thailand di 2014?

0 comments

Mungkinkah Indonesia Susul Thailand di 2014?

Otomotif | February 28, 2011 at 23:28
Indonesia Thailand Flags 460x306 Mungkinkah Indonesia Susul Thailand di 2014?
BANGKOK (dp) — Sudah menjadi rahasia umum bahwa industri otomotif dunia lebih memilih Thailand sebagai “Detroit of Asia” ketimbang Indonesia. Tahta ini tampkanya sulit bergeser, sekalipun Indonesia gencar mempromosikan diri sebagai pasar paling menguntungkan di Asia Tenggara.
Indonesia memang pantas cemburu kepada Thailand. Populasi penduduk negeri Gajah Putih ini tidak sebesar Indonesia. Karena itu, potensi pasar yang bisa dikembangkan Thailand sebenarnya tidak sebesar Indonesia (kalau mau).
Lantas industri otomotif dunia lebih tertarik menanamkan investasinya di Thailand? Ini karena pemerintah Thailand lebih berani menjamin dana yang ditanam para pemodal asing.Thailand juga telah memiliki infrastruktur yang kuat, serta birokrasi yang mudah.
Di samping itu, dalam kaitan geografis, Thailand merupakan daerah penghubung strategis untuk pemasaran produk ke India, China, dan Indonesia. Maka jangan heran bila hampir 10 besar manufaktur otomotif raksasa telah mengucurkan investasi ke negeri tersebut.
“Thailand memiliki jaringan pemasok yang baik,” kata presiden direktur General Motors (GM) untuk operasional Asia Tenggara Martin Apfel. “Thailand benar-benar memiliki banyak pemasok berpengalaman di seluruh tingkatan sehingga berpotensi melokalisasi produk,” lanjutnya.
Martin menambahkan, dalam waktu dekat GM akan mengoperasionalkan pabrik baru pembuat mesin-mesin diesel di kawasan industri Rayong, dekat Bangkok.
Tak jauh situ, Ford juga berencana meningkatkan kapasitas produksi pabriknya, sementara Suzuki tengah menyiapkan pabrik baru untuk pembangunan mobil hemat energi yang akan dipasarkan pada 2012.
Toyota, Honda, Nissan, dan Mitsubishi juga memiliki operasional yang cukup luas di Rayong. Semua pabrikan berharap sama, yaitu dapat merasakan kue berupa 600 juta penduduk di Asia Tenggara.
Tahun lalu Thailand telah menerima sedikitnya 1,1 miliar dollar AS investasi manufaktur kendaraan dunia. Kendati turun 20 persen yang diterima tahun 2009, namun para investor mengaku akan meningkatkan kembali investasinya di negeri itu.
Badan Penanaman Modal Thailand (BPM) optimis negaranya masih menjadi magnet bagi para investor dunia. “Aliran FDI tahun ini diperkirakan sebesar 13 miliar dollar AS, di mana otomotif masih menjadi sektor kunci dan didominasi investor Jepang,” kata Sekjen BPM Atchaka Sibunruang.
Daya Tarik Thailand
Sebetulnya biaya tenaga kerja di Thailand tidak semurah yang ditawarkan Indonesia. Menurut catatan Organisasi Buruh Internasional, rata-rata upah buruh per bulan di Thailand mencapai 245,50 dollar AS, sedangkan Indonesia hanya 129 dollar AS.
Penjualan mobil di Thailand juga sangat mungkin untuk bisa dikejar Indonesia. Tahun 2010, pasar Thailand menyerap 800.357 unit, sementara Indonesia 746.008 unit. Tapi Thailand tetap menjadi pemikat investor asing?
Menurut direktur IHS Automotive Thailand Hajime Yamamoto, Thailand masih memiliki pasar yang besar untuk pembeli mobil pertama. “Pasar Thailand belum sematang Malaysia yang kepemilikan mobil sudah tinggi,” kata Hajime.
Hajime menambahkan Thailand masih akan mendapat investasi yang besar sektor industri-industri pendukung komponen otomotif.
Indonesia 2014
Para analis dunia menilai Indonesia yang memiliki daerah perekonomian terbesar di kawasan Asia Tenggara bisa menyalip pasar Thailand sebagai pusat manufaktur regional pada tahun 2014.
Selama tiga tahun ke depan, pendapatan per kapita di Indonesia diperkirakan akan naik ke tinglat 3.000 dollar AS sekitar 2.000 dollar AS. Pertumbuhan ini ditaksir Hajime akan mendorong laju permintaan kendaraan di Indonesia.
“Indonesia tidak akan terpengaruh banyak oleh pasar eksternal,” ujar Hajime. “Ekonomi Indonesia digerakkan oleh pasar domestik. Berbeda dibandingkan Thailand yang sangat berharap pada eksport.”
Sementara itu, Vallop Tiasiri badan pengkajian otomotif milik pemerintah Thailand, menyatakan kapasitas produksi mobil di negaranya pada 2011 akan meningkat 22 persen menjadi 2 juta unit, dan meloncat 2,5 juta unit dalam lima tahun ke depan.
total produksi 2 juta unit, sekitar 1,15 juta unit di antaranya yang terdiri model-model pick-up terbaru dan mobil hemat bahan bakar, akan dieksport. Pasar domestik ditargetkan mencapai 900.000 unit, lebih banyak sekitar 850.000 unit yang dicapai tahun 2010,” ungkap Vallop.
Kendati pasar Indonesia berpotensi menggantikan Thailand pada 2014, namun para analis memberi catatan, pemerintah dan mitra bisnis industri otomotif dunia di Indonesia harus berani memangkas beban-beban biaya tinggi, termasuk pajak dan menjamin kelancaran arus distribusi.
Hal itu diperlukan mengingat Indonesia masih dinilai sebagai negara yang belum memiliki infrastruktur yang baik yang mampu menunjang pertumbuhan industri, seperti yang telah dimiliki Thailand, India dan China. [dp]
Oleh: Wisnu Guntoro Adi, Editor in Chief Dapurpacu.com
Source: DapurPacu online

Hikari Garage : Semua ada Disini

0 comments

Hikari Garage : Semua ada Disini

Otomotif | February 25, 2011 at 05:04
HikariGarage06 460x306 Hikari Garage : Semua ada Disini
[DP] — Tidak semua bengkel mobil mampu memenuhi berbagai keinginan konsumen. Tapi di Hikari Garage semua keinginan bisa terpenuhi disini. Mulai dari service berkala, tune up, turun mesin, pengecetan, modifikasi, hingga membangun mobil untuk drifting, reli dan touring ditangani bengkel ini.
Berdiri dilahan seluas 600 meter persegi, Hikari Garage melayani perbaikan dan perawatan semua merek mobil. Dari mobil tua hingga mobil keluaran terbaru. Bengkel ini juga melayani pengecetan dan pembuatan bodykit. Modifikasi juga tidak luput dari garapan Hikari Garage.
Kualitas perkerjaan menjadi yang utama di Hikari dan mengenai biaya cukup bersaing, sebagai gambaran untuk tune up berkisar Rp 125 ribu – 200 ribu tergantung merek mobil. Hikari juga memberikan garansi untuk pekerjaan ini sampai 500 km.
“Semua pekerjaan bisa diselesaikan di bengkel ini. Kami berusaha memberikan pelayanan dan kualitas pekerjaan terbaik untuk konsumen.” ungkap Doni Satrio, sang punggawa Hikari Garage.
Pria yang akrab disapa dengan nama Jawir ini menjelaskan, Hikari Garage berdiri pada tahun 2008 dan saat itu hanya melayani perbaikan dan perawatan mobil umum saja. Di ajang International Motor Show 2009 Hikari Garage membangun mobil drfiting dan mendapat sambutan hangat dari konsumennya. Sejak saat itulah Hikari melayani pembuatan mobil untuk drifting, reli dan touring.
Informasi dari mulut ke mulut membuat bengkel ini makin berkembang dan terkenal dengan kualitas pekerjaannya. Dengan 12 teknisi berpengalaman yang dimiliki, kini Hikari tumbuh dengan pesat seiring berkembangnya dunia otomotif dan motorsprot di .
Beberapa mobil racikan Hikari turut meramaikan ajang Indonesian Series of Motorsport di Sentul. Di kejuaraan drifting seperti GT Radial Jakdrift, Achilles Drift Battle dan Driftbash, mobil yang ditanganinya selalu mendominasi podium kemenangan. Sebut saja drifter berbakat Amandio dan Hermawan yang selalu mempercayai Hikari Garage dalam menangani mobilnya disetiap kejuaraan.
Bagi anda yang ingin merawat atau mempercantik tampilan mobil kesayangan seperti yang anda inginkan, cobalah sambangi Hikari Garage di kawasan Bintaro. Anda akan mendapatkan kepuasan akan kualitas pekerjaan di bengkel ini.
Seperti lirik lagu group music God Bless, semuanya ada disini [DP/CUP]
Hikari Garage
Jalan RC Veteran No. 9B
Bintaro, Selatan
Tlp. 021.33300035, 0811858335
// HikariGarage01 Hikari Garage : Semua ada DisiniHikariGarage02 Hikari Garage : Semua ada DisiniHikariGarage03 Hikari Garage : Semua ada DisiniHikariGarage04 Hikari Garage : Semua ada DisiniHikariGarage05 Hikari Garage : Semua ada DisiniHikariGarage06 Hikari Garage : Semua ada Disini
Source: DapurPacu online

Misteri Honda CBR250R Terungkap Sudah

0 comments

Misteri Honda CBR250R Terungkap Sudah

Otomotif | February 27, 2011 at 04:11
HondaCBR250R 2011 17 460x306 Misteri Honda CBR250R Terungkap Sudah
JAKARTA [DP] — Misteri kehadiran yang ramai dibicarakan beberapa bulan belakangan ini akhirnya terungkap. Pasalnya PT Astra Motor (AHM) secara resmi telah mempublikasikan produk global ini ke media massa di Hotel Mandarin, Jakarta, Jum’at (25/2).
Tiga pebalap tim Repsol MotoGP didatangkan khusus untuk menjadi saksi peluncuran di Indonesia. Tidak itu saja, wanita cantik dan seksi juga turut menyambut kehadiran sepeda motor sport terbaru dari ini. Keesokan harinya (26/2), media diberi kesempatan untuk mencoba peforma di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.
Kini masyarakat dihadapkan pada 2 pilihan motor sport 250 cc. atau Kawasaki Ninja 250R yang akan menjadi pilihannya. Semua terserah pada anda.[DP/ CUP]
// HondaCBR250R 2011 00 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 001 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 011 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 021 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 03 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 04 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 05 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 06 Misteri Honda CBR250R Terungkap Sudah
HondaCBR250R 2011 07 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 08 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 09 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 10 Misteri Honda CBR250R Terungkap Sudah
HondaCBR250R 2011 11 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 12 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 13 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 14 Misteri Honda CBR250R Terungkap Sudah
HondaCBR250R 2011 15 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 16 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 17 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 19 Misteri Honda CBR250R Terungkap Sudah
HondaCBR250R 2011 20 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 21 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 22 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 23 Misteri Honda CBR250R Terungkap Sudah
HondaCBR250R 2011 24 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 25 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 26 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 27 Misteri Honda CBR250R Terungkap Sudah
HondaCBR250R 2011 28 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 29 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 30 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 31 Misteri Honda CBR250R Terungkap Sudah
HondaCBR250R 2011 32 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 33 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 34 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 35 Misteri Honda CBR250R Terungkap Sudah
HondaCBR250R 2011 36 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 37 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 38 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 39 Misteri Honda CBR250R Terungkap Sudah
HondaCBR250R 2011 40 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 41 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 42 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 43 Misteri Honda CBR250R Terungkap Sudah
HondaCBR250R 2011 44 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 45 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 46 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 47 Misteri Honda CBR250R Terungkap Sudah
HondaCBR250R 2011 48 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 49 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 50 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 51 Misteri Honda CBR250R Terungkap Sudah
HondaCBR250R 2011 52 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 53 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 54 Misteri Honda CBR250R Terungkap SudahHondaCBR250R 2011 55 Misteri Honda CBR250R Terungkap Sudah
free counters

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Page Rank

Copyright © 2011 Green Ilmu | Splashy Free Blogger Templates with Background Images, Trucks