Muslim Swedia membentuk Dewan Fatwa

Thursday 18 August 2011



Halal atau Haram? Kini Muslim Swedia Punya Lembaga Membedakannya

Muslim Swedia baru membentuk Dewan Fatwa. dewan ini akan membantu Muslim di Swedia yang mencari nasihat tentang bagaimana hidup sesuai dengan Islam, termasuk untuk memberi fatwa kontemporer menyangkut halal dan haramnya suatu hal.

Bagi 450 ribu Muslim - atau sekitar 5 persen dari total penduduk - di Swedia, mungkin tidak selalu mudah untuk memahami bagaimana praktik-praktik Islam paling baik diterapkan dalam masyarakat Swedia. Hadirnya Dewan Fatwa Swedia (Svenska Fatwaraadet) -- secara resmi dimulai pada pertengahan 2009 dengan 14 anggota -- sangat membantu. Dewan ini beranggotakan imam berpendidikan tinggi dan orang-orang dengan pengalaman di berbagai bidang.

"Pertanyaan paling umum yang kami terima berkaitan dengan isu-isu hubungan - perkawinan dan perceraian - juga masalah-masalah ekonomi, masalah-masalah pribadi tentang bagaimana untuk hidup sebagai Muslim di Swedia dan arbitrasi konflik," kata Saeed Azam, ketua Dewan.

Ini adalah praktik umum bahwa umat Islam mencari nasehat agama tentang bagaimana hidup dengan cara yang terbaik.

Kata fatwa umum didefinisikan sebagai pernyataan hukum dalam Islam yang dikeluarkan olehlembaga berkompeten tentang satu masalah tertentu. Fatwa ada yang bersifat universal, namun ada pula yang bersifat lokal, mempertimbangkan waktu dan tempat. Sebagai contoh, pada tahun 2001, Grand Mufti Mesir mengeluarkan fatwa yang menyatakan bahwa acara televisi populer Who Want To Be a Millionaire adalah tidak Islami.

Namun fatwa ini dibantah banyak pihak, karena mempertimbangkan tidak ada keberatan karena mereka menyebarkan pengetahuan umum.

Dewan Fatwa Swedia mengeluarkan fatwa pertama tahun lalu sebagai tanggapan terhadap serangan bom bunuh diri di Stockholm, mengutuk tindakan tersebut dan menggambarkannya sebagai tidak kompatibel dengan Islam.

"Ada kebutuhan besar di Swedia untuk minoritas Muslim sebuah dewan untuk meminta saran dalam konteks yang sesuai dengan lingkungan. "Kami tahu bagaimana rasanya hidup di Swedia dan kondisi bahwa orang hidup di sini, kita memahami tantangan ini," kata Azam.

Dewan Fatwa Swedia berencana untuk menyebar imam yang berkualitas ke seluruh negeri untuk meningkatkan jangkauan mereka.

Dalam Dewan mereka berencana untuk membentuk Komite Fatwa, yang hanya terdiri dari imam yang telah mendapatkan setidaknya gelar sarjana dalam syariah, atau studi tentang sistem hukum Islam.

Syariah, bagaimanapun, penafsiran beragam, dari konservatif sampai liberal. "Ini merupakan tindakan penyeimbangan untuk menemukan wakil yang tepat, untuk menghindari ekstremitas," kata Azam.

Saat ini Komite yang beranggotakan sembilan imam berpendidikan tersebut, akan menjawab apapun pertanyaan Jamaah. Anggota Komite jumlahnya ganjil untuk memastikan suara mayoritas saat memberikan jawaban.

Mereka juga membuka layanan interaktif. Pertanyaan bisa disampaikan kepada Dewan melalui surat dan e-mail melalui situs web mereka.

Namun tak semua mendukung berdirinya Dewan Fatwa ini. "Mereka adalah kelompok kecil tanpa kualifikasi yang sebenarnya tak perlu didirikan di sini di Swedia," kata seorang perwakilan dari Masjid Agung di Stockholm. Apalagi, katanya, mereka telah memiliki dewan Muslim.

Dewan Muslim Swedia (Sverige's Muslimska Rad - SMR) dianggap sebagai otoritas Muslim tertinggi di negeri ini dan berfungsi sebagai organisasi payung bagi semua kelompok Islam dan terdaftar di Swedia.

Presiden SMR, Helena Benaouda, mengatakan hal senada. Ia menyayangkan Dewan yang minim representasi perempuan.

0 comments:

Post a Comment

free counters

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Page Rank

Copyright © 2011 Green Ilmu | Splashy Free Blogger Templates with Background Images, Trucks