way to make lessonplan

Tuesday, 1 February 2011

Cara Membuat RPP Yang benar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN :
KELAS/SEMESTER :
ALOKASI WAKTU : Jam Pelajaran

STANDAR KOMPETENSI:
Tuliskan SK sesuai dengan KD RPP berikut. (Sesuai silabus)

KOMPETENSI DASAR:
Tuliskan KD yang dibuat RPP berikut. (Sesuai silabus)

INDIKATOR:
Tuliskan indikator dari KD tersebut. (Sesuai silabus)

TUJUAN PEMBELAJARAN:
• Tuliskan tujuan pembelajaran berdasarkan KD/Indikator tersebut.
• Tujuan pembelajaran bisa sama dengan indikator, bisa merupakan rincian dari indikator.

MATERI PEMBELAJARAN:
• Tuliskan kata benda atau kata yang dibendakan sesuai dengan KD dan indikator.
• Ditulis lebih rinci bila dibandingkan dengan silabus.
• Bila materi berupa bacaan, bisa dituliskan judul dan sumber bacaan tersebut.

METODE PEMBELAJARAN:
Tuliskan metode yang akan dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
• Ditulis per pertemuan.
• Setiap pertemuan terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
• Setiap kegiatan dirinci, lebih rinci dari pada silabus.
• Merupakan langkah-langkah untuk mencapai indikator dan KD.
• Berfokus pada siswa.
• Siswa aktif.
• Merupakan pengalaman belajar.
• Ada keseimbangan empat keterampilan berbahasa, minimal muncul tiga aspek dan keterpaduan dengan unsur kesastraan atau kebahasaan. (Khusus Bahasa Indonesia).

A. Kegiatan Pendahuluan:
Ada kegiatan guru untuk menggugah skemata siswa.
Ada kegiatan guru untuk memotivasi siswa.
Ada kegiatan guru untuk menginformasikan tujuan pembelajaran.
B. Kegiatan Inti:
• Berfokus pada siswa, jadi siswa aktif.
• Merupakan pengalaman belajar.
• Rinci dan sistematis.
• Langkah-langkah untuk mencapai indikator dan KD.
• Khusus mata pelajaran BI: ada keseimbangan empat aspek keterampilan berbahasa dan keterpaduan dengan komponen kebahasaan dan kesastraan.
C. Kegiatan Penutup:
Ada kegiatan refleksi.
Ada kegiatan simpulan (hasil pembelajaran).
Ada kegiatan pengayaan (terhadap indikator/KD yang dipelajari), misalnya dengan memberikan tugas atau PR yang berkaitan dengan indikator atau KD yang dipelajari.

ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
Alat/Bahan:
Tuliskan alat atau bahan yang dipakai dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai indikator atau KD tersebut. Misalnya: TV, radio, tape recorder, teks (puisi, prosa, drama).
Sumber Belajar:
• Tuliskan sumber belajar yang dipakai dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai indikator atau KD tersebut. Misalnya: media cetak (buku, majalah, koran, buletin, tabloit, dll.); media elektronika (radio, televisi, internet); media lingkungan (taman, pasar, dll.), narasumber (polisi, guru, dokter, dll.)
• Data sumber ditulis lebih lengkap bila dibandingkan dalam silabus.

PENILAIAN
A. Tes
• Tuliskan jenis dan bentuk tes yang akan dilakukan sesuai indikator dan KD.
• Misalnya: tes tulis 5 soal PG dan 2 soal uraian, tes lisan, tes kinerja, dst.
B. Soal
• Tuliskan soal tes untuk masing-masing tes yang akan dilakukan.
• Tuliskan juga tugas untuk soal kinerja atau portofolio.
C. Kunci Jawaban
• Tuliskan kunci jawaban untuk masing-masing soal tes.
• Bila jawabannya merupakan alternatif, tuliskan juga contoh jawaban sebagai alternatif jawaban.
D. Skor dan Rubrik
• Skor: ditulis untuk soal yang jawabanya sudah pasti.
• Rubrik: dibuat untuk soal atau tugas yang jawabannya merupakan alternatif.

Pedoman Pengamatan Kelompok:
Dibuat bila kegiatan pembelajaran menggunakan metode diskusi.



Mengetahui
Kepala SMA                                                      Guru Mata Pelajaran





. . . . . . . . . . . . .
NIP. NIP.

0 comments:

Post a Comment

free counters

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Page Rank

Copyright © 2011 Green Ilmu | Splashy Free Blogger Templates with Background Images, Trucks