Perbedaan GPS dan A-GPS system

Sunday 20 February 2011

GPS (Global Positioning System)

Bila Anda menggunakan sistem GPS dan Anda mengaktifkannya, maka system GPS perlu mencari Orbit dan Data waktu dr satelit yang ada di angkasa (butuh 3 satelite utk mendapatkan posisi yg akurat). Dari proses tsb akan didapatkan hasil berupa TTFF (Time To First Fix) atau berapa lama sebelum posisi kita terdeteksi (pinpointed). TTFF awal ini sering disebut "cold start" dan pada SiRF III sistem (sistem terbaru GPS yg tersedia), dibutuhkan waktu mulai dr 30 detik saja hingga beberapa menit untuk memperoleh sinyal dr satelite. Waktu tsb tergantung pada lokasi Anda, jumlah gangguan dan kondisi cakrawala (cuaca cerah, berawan, tertutup gunung/gedung, dsb). Pada daerah terbuka/outdoor akan lbh cepat mendapatkan sinyal dibandingkan di daerah perkotaan yg banyak gedung2 tinggi atau posisi kita yg berada di indoor yg dapat menggangu penerimaan sinyal satelit.
Data waktu dr 3 satelite tsb akan dikomputasi oleh GPS module di HP/PDA dan akhirnya akan di hasilkan informasi ttg posisi yg berupa latitude & longitude, lokasi dlm peta, dsb
* KESIMPULAN:
Dibutuhkan 3 komponen dlm proses penentuan posisi: Satelite, Receiver GPS, dan posisi yg baik (bebas halangan).
Perangkat GPS menangkap 3 sinyal dari 24 satelit GPS yang ada di luar angkasa. Perangkat GPS kemudian melakukan perhitungan jarak ke setiap satelit. Dari perhitungan itu, perangkat GPS kemudian mengetahui posisi pemegangnya.
Supaya perangkat GPS bisa menangkap sinyal dengan baik, perangkat harus berada di luar ruangan, bahkan harus dibawah langit terbuka. Kekuatan sinyal bisa berkurang kalau perangkat GPS berada di bawah pohon, dibawah gedung-gedung pencakar langit atau di dalam kendaraan. Sinyal hampir bisa dipastikan menghilang kalau pembawa perangkat GPS masuk ke dalam gedung. sedangkan ,


A-GPS (Asissted-Global Positioning System)

Merupakan teknologi yang menggunakan server bantuan untuk memotong waktu yang dibutuhkan untuk menentukan lokasi (pinpointed) penggunaan GPS, sehingga tidak perlu lg proses komputasi data waktu dr 3 satelite secara langsung di perangkat HP/PDA. Hal ini berguna di daerah perkotaan atau bahkan di dalam ruangan yg banyak penghalang. Adalah menjadi lebih umum disebut dengan Layanan Berbasis Lokasi.
Server bantuan penyedia data informasi satelit yang dibutuhkan oleh system GPS biasanya di supply oleh Network operator SIM card karena sering kali menara jaringan selular (BTS) memiliki unit penerima GPS dan unit penerima tsb secara terus-menerus mendownload informasi data satelite yg ada di angkasa dan memprosesnya.
Data dr Server Bantuan tsb bisa diberikan kepada pelanggan telepon selular, bila diminta oleh perangkat A-GPS untuk mengidentifikasi lokasi Anda yg berupa latitude & longitude, lokasi dlm peta, dsb
* KESIMPULAN:
- Dibutuhkan 3 komponen dlm proses penentuan posisi: Satelite, Assistance Server (GSM), Receiver A-GPS.
- Interkoneksi data posisi dr Server Bantuan ke HP biasanya menggunakan jalur GPRS.
- A-GPS berbeda dari reguler GPS dengan menambahkan elemen lain ke dlm proses pencarian posisi, yaitu Server Bantuan (Assistance Server). Pada jaringan A-GPS, penerima, yang terbatas dalam pengolahan daya dan biasanya berada pd lokasi tidak ideal, berkomunikasi dengan bantuan server yang memiliki kemampuan tinggi dlm pengolahan dan akses ke satelite. Karena A-GPS module dan Server Bantuan berbagi tugas, proses akan lebih cepat dan lebih efisien dibanding GPS biasa, walaupun semua proses tsb tergantung pada cakupan network/BTS seluler.
Keuntungan A-GPS:
- Pengidentifikasian lokasi lebih cepat.
- Membutuhkan power lebih kecil utk proses komputasi data.
- Lebih hemat battre.
- Cocok utk lokasi perkotaan atau lokasi yg kurang optimal dlm menangkap sinyal satelite spt dlm gedung.

Kekurangan A-GPS:
- Masih tergantung pd GSM coverage operator.

0 comments:

Post a Comment

free counters

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Page Rank

Copyright © 2011 Green Ilmu | Splashy Free Blogger Templates with Background Images, Trucks