Film Komedi Sehatkan Jantung

Sunday 20 February 2011

          Ada kabar gembira bagi penggemar film komedi. Hobi menonton film komedi ternyata berefek baik bagi kesehatan jantung. Demikian hasil penelitian University of Maryland, Amerika Serikat. 

          Penelitian ini melibatkan 20 orang dewasa sehat yang diminta menyaksikan film komedi dan film sedih dua hari kemudian. Salah satu film komedi yang ditonton adalah There’s Something About Mary, yang dibintangi Ben Stiller dan Cameron Diaz. Hasilnya, 19 dari 20 orang responden yang menonton film komedi aliran darahnya menjadi lebih lancar. Namun, ketika menonton film perang yang sedih dan mengguncang emosi seperti Saving Private Ryan, efek yang terjadi justru sebaliknya. 

          Efek menonton film komedi terhadap tubuh hampir sama dengan cara kerja obat untuk perawatan jantung yang bernama statin. Menurut tim peneliti, tertawa spontan sambil menonton dapat membuat pembuluh darah melebar, sedangkan stres karena menonton film sedih bisa membuat pembuluh darah menyempit. Pengukuran aliran darah diambil sebelum menonton dan satu menit setelah menonton. 

          Tak heran jika Dr Michael Miller, pimpinan penelitian tersebut menyarankan agar para penikmat film komedi tidak beralih dari hobi mereka. “Tertawalah dan Anda akan sehat!” ujarnya.
www.nirmalamagazine.com

0 comments:

Post a Comment

free counters

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Page Rank

Copyright © 2011 Green Ilmu | Splashy Free Blogger Templates with Background Images, Trucks